Selasa, 27 Agustus 2019

Balasan_Aisyah Muthmainnah



Seorang anak bernama Sita duduk sendirian di dalam kamar. Wajahnya merah dan mata bengkak. Lalu tiba-tiba seorang wanita yang bernama Ina datang ke kamar Sita.
“ Assalamu `alaikum, ini Ina!”, ujar Ina sambil mengetuk pintu kamar Sita.
“ Waalaikum salam. Masuk kak, tidak dikunci kok”, kata Sita.
Lalu Ina membuka pintu kamar sita.

“ Ada kak Ica?” tanya Ina.  “ Kamu tadi menangis kan?. Itu mata kamu bengkak”, lanjut Ine.
Sita hanya terdiam lalu tiba-tiba ia menangis dan memeluk Ina
“ Eh... kenapa menangis?”, ucap Ine. Tapi Sita malah menangis lebih kencang.
“ Kenapa? Ayo, cerita sama kakak!” Ucap Ina dengan nada lembut
“ Jadi begini ceritanya kak, tadi aku di Sekolah aku diejek sama Erna, katanya aku anak kampung, dia juga meniru cara penyebutan huruf ‘e’ aku “, jelas Sita dengan tangisan agak melemah.
“ Sudah jangan dipikirin perkataan Erna. Lagiaan kamu harusnya bangga dengan bahasamu sendiri bukannya ciri khas orang Enrekang adalah penyebutan ‘e’ yang unik. Sudah sekaran kamu tidur, supaya besok tidak terlambat bangun”, kata Ina
“ Oke, kak!”
“ Kalau begitu kak pergi dulu yah? Dah!”, ucap Ina sambil beranjak meninggalkan kamar Sita.

Keesokan harinya...
Seorang guru berkaca mata dengan postur tubuh tegap masuk ke dalam kelas Sita. Ia bernama Pak Logo, seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Islam Athirah Bone.
“ Assalamu alaikum anak-anak”, sahut Pak Logo dengan ramah
“ Waalaikum salam, Pak!” jawab semua siswa dengan penuh semangat.
“ Hari ini siapa yang tidak hadir?” tanya pak Logo.
“ Erna, pak!” ucap Cenna.
“ Erna kanapa tidak ke sekolah?” tanya pak Logo.
“ Begini pak, saat akan melaksanakan shalat tahajjud mukanya pucat. ketika ditanya sama Miss Anna, kenapa?, katanya kepalanya pusing. Setelah itu, Erna tiba tiba pingsan. Badannya juga panas pak”, jelas Cenna.
“ Lalu keadaannya bagaimana?”
“ Saya juga kurang tau pak “
“ Oh, begitu ya?”

Istirahat pertama...
Sita menuju mushallah untuk melaksanakan shalat dhuha. Istirahat pertama, semua siswa Sekolah Islam Athirah Bone diwajibkan melaksanakan shalat dhuha. Shalat tahajjud juga rutin dilaksanakan, sampai sampai shalat tahajjud dianggap shalat fardu bagi siswa di sekolah Islam Atirah Bone.
Setelah shalat dhuha, Sita menuju dapur untuk mengambil jatah camilan yang telah disediakan  sekolah. Sekolah Islam Athirah Bone tidak mempunyai kantin. Namun, camilan sehat selalu disediakan setiap jam istirahat pertama.
*****
Perjalanan pulang, Sita berjalan di koridor sambil menikmati indahnya pemandangan bunga-bunga yang menghiasi koridor. saat Sita menikmati bunga-bunga yang sejuk dipandang tiba-tiba Ina datang menyapa Sita. Sapa adalah bagian dari 5S yang harus diterapkan oleh siswa Sekolah Islam Athirah Bone.
“ Hai, Sita!”. Sapa Ina
“ Hai!” respon Sita. “ Oh ya kak, katanya Erna sakit. Kita jenguk yuk!” lanjut Sita
“ Apa?” Kata Cenna kaget. “ Dek, pikir dong. Dia itu yang sering mengejek kamu. Kalau kakak, malas banget jenguk orang kayak dia” lanjut Ina
“ tapi kan kak, kita harus saling memaafkan” kata Sita.
“ Okelah, kita sebentar malam ke kamar Erna”
“ Oke” kata Sita sambil mengacungkan jempol

Malam pun tiba...
Sita dan Ina berjalan melalui lorong asrama untuk menjenguk Erna di kamarnya. Cenna mengetuk pintu kamar Erna sambil memberi salam.
Tok tok tok...
“ Assalamu `alaikum, Erna!” kata Ina
“ Waalaikum salam” jawab teman kamar Erna yang bernama Kurnia
“ Erna ada di dalam?” tanya Sita
“ Ada, Erna ini teman kamu, Sita datang. Ayo, masuk!” kata Kurnia
“ KAMU JANGAN MASUK, KAMU PASTI MAU MENGEJEKKU!”, tiba-tiba Erna berteriak sehingga terdengar nyaring ditelinga mereka bertiga.
“ Aku tidak akan mengejekmu. Aku hanya mau menjenguk kamu. Oh, ini ada buah untuk kamu ” kata Sita sambil menyodorkan buah-buahan yang ia bawa.
 Setelah mendengar pekataan Sita, Erna bangkit dari tempat tidurnya dan memeluk Sita sambil menangis.
“ Maafkan aku yah, Sita. aku selama ini selalu mengejekmu. Maaf yah, aku khilaf “ ucap Erna.
“ Sudah jangan menangis. Aku sudah maafin sebelum kamu minta maaf ke aku. Nah sekarang kita sahabatan untuk selamanya” ucap Sita dengan senyuman.
“ Aku tidak pantas jadi teman kamu, kamu terlau baik sedangkan aku, aku dulu selalu jahat kepadamu” ucap Erna.
“ Hus..., jangan bilang begitu. Kan semua manusia juga pernah salah, termasuk aku. Kamu mau yah jadi sahabat aku” bujuk Sita.
“ Iya aku mau dan aku janji tidak akan mengejekmu lagi” kata Erna dengan meneteskan air mata haru.
Semenjak itulah Erna dan Sita berteman baik untuk selamanya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar