Rabu, 21 Oktober 2020

Welcoming Day Athirah Bone; Sambut Siswa Baru dengan Cara yang Beda

 

Program #1

 Oleh: Hilyatul Aulia

 

Gambar 1. Testimoni siswa baru di panggung Welcoming Day bersama para pimpinan sekolah

 

Hari pertama bersekolah adalah yang paling berkesan bagi siswa dan orang tua siswa. Apalagi hari pertama bersekolah di boarding school atau sekolah berasrama, tentunya lebih berkesan lagi. SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone menyambut kedatangan siswa baru dengan melaksanakan kegiatan Welcoming day. Kegiatan ini dilakukan setelah seluruh rangkaian tes penerimaan siswa baru berakhir, diantaranya tes tertulis, tes wawancara, survey rumah, serta tahap Academic Camp. Acara ini menjadi momen yang sangat mengharukan antara siswa dan orang tua yang sudah akan melepas anak-anak mereka untuk menjalani kehidupan di asrama, hal ini sekaligus menjadi latihan mental untuk orang tua agar ikhlas melepas anaknya.

Siswa baru disambut dengan hangat di SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone. Seluruh siswa yang bertugas sebagai panitia wajib menerapkan budaya 5S (senyum,salam,sapa, sopan, dan santun). Apalagi dengan digalakkannya gerakan antibully dan antisenioritas. Dengan adanya budaya antibully, siswa baru merasa menjadi lebih percaya diridan nyaman untuk menjadi bagian keluarga Athirah Bone.

Acara Welcoming day ini dilaksanakan satu hari sebelum kegiatan belajar  dan mengajar dimulai, namun sebelum siswa baru melakukan pembelajaran di kelas mereka melakukan kegiatan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan LDKS (Latihan Dasar Kepimimpinan Sekolah). Dalam kegiatan Welcoming Day yang menjadi panitia adalah seluruh siswa dan siswi yang dimotori oleh pengurus OSIS. Berikut ini adalah bagian-bagian kepanitiaannya:

1.                  Ketua panitia

Ketua panitia ditunjuk dari guru dan siswa, namun peran guru hanya sebagai koordinator, sedangkan siswa diberi amanah untuk menjadi pelaksana tugas.

2.                  Sekretaris

Sekertaris Welcoming Day bertugas untuk menyiapkan, mendistribusikan surat serta arsip yang behubungan dengan acara.

3.                  Bendahara

Menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja kegiatan.

4.                  Panitia Registrasi

Panitia registrasi adalah siswa dengan didampingi guru yang menangani bagian registrasi di kepanitiaan penerimaan siswa baru. Panitia registrasi ada dua, yaitu ada di sekolah dan asrama. Jika diasrama, bertugas menyetor uang dan handphone siswa baru, dan jika di sekolah panitia registasi bertugas untuk mengidentifikasi nama siswa baru yang sudah berada di SMP Islam Athira Bone.

 

5.                  Panitia label

Panitia label adalah siswa yang bertugas menulis nama siswa baru pada label kemudian menempelkannya pada barang yang dibawanya.

6.                  Panitia parkir

Panita parkir adalah siswa yang bertugas mengatur parkir kendaraan tamu agar lebih tertib dan teratur.

7.                  Panitia Konsumsi

Panitia konsumsi adalah siswa yang bertugas membagikan konsumsi kepada siswa baru, keluarga siswa baru, dan panitia.

8.                  Panitia Restroom

Panitia restroom adalah siswa sigap menjaga keadaan kamar mandi agar senantiasa bersih. Panitia restroom mengambil tempat di depan WC. Mereka berjaga di sana agar para tamu tidak bingung saat mencari toilet. Mereka juga bertanggung jawab atas kebersihan dan keharuman toilet setelah dipakai.

9.                  Panitia Penjemput

Panitia penjemput adalah siswa yang bertugas menjemput siswa baru saat baru pertama kali tiba di gerbang sekolah. Mereka memberi ucapan selamat datang kepada para tamu dan siswa baru.

10.              Panitia Pengantar

Panitia pengantar adalah siswa yang memandu para tamu ke tempat yag dituju agar tidak tersesat di dalam kompleks Sekolah Islam Athirah.

11.              Seksi Acara

Panitia acara bertugas di lokasi acara inti sebagai panitia utama dari pelaskanaan kegiatan, seperti menjadi MC (Master of Caremony), pembaca ayat suci Al- Qur‟an dan lain lain.

12.              Panitia dokumentasi

Panitia dokumentasi adalah siswa yang bertugas mendokumentasikan acara.

 

Kepanitiaan beperan penting pada kesuksesan acara Welcoming Day, tanpa adanya kepanitiaan yang solid, sebuah kegiatan tidak akan berjalan dengan baik. Panitia Siswa SMP-SMA Islam Athirah Bone berkoordinasi dengan guru pembimbing terkait teknik pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Welcoming Day dikemas sedemikian rupa sehingga sehingga seolah-olah sebagai bentuk ritual masuk rumah baru. Bentuk pelaksanaan Welcoming Day yang pertama adalah siswa baru diantar ke tempat penyambutan. MC membuka acara Welcoming Day, lalu kepala sekolah memberi sambutan di atas podium. Biasanya sambutan kepala sekolah berisi motivasi agar para siswa baru dapat mempertahankan daya juang agar bisa berpisah dengan orang tua. Kemudian orang tua naik di atas podium memberikan kesan dan pesan tentang kelulusan anaknya di SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone. Setelah acara penyambutan selesai, MC menutup acara. Selanjutnya,Orang tua diarahkan menuju tempat penandatangan surat jaminan mutu dan surat perjanjian beasiswa bagi siswa yang lulus di jalur beasiswa.

 

Surat yang ditandatangani oleh orang tua siswa berisi tentang:

1.Surat Jaminan Mutu

Surat ini berisi tentang target-target yang dijamin oleh sekolah akan dapat dicapai oleh siswa. Adapun jaminan mutu yang dimaksud sebagai berikut:

a.       Mampu mendapatkan nilai rata-rata rapor minimal 80 untuk tiap mapel

b.      Mampu mendapatkan rata-rata nilai UN minimal berpredikat B (minimal 70.01)

c.       Mampu menyusun dan mempresentasikan artikel

d.      Memiliki hafalan 3 juz

e.       Sadar melaksanakan shalat 5 waktu secara berjamaah dan terampil menjadi imam

f.        Mengamalkan beberapa sunnah rasul (shalat sunnah, puasa sunnah, sedekah, dzikir, 5S)

g.      Melakukan aktifitas sehari-hari secara mandiri

h.      Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa Arab

 

2.Surat Perjanjan Beasiswa

Surat ini khusus pada siswa yang lulus melalui jalur  beasiswa. Surat ini berisi tentang hak dan kewajiban siswa maupun  sekolah/yayasan.

Dalam perjanjian kerja sama ini bertindak untuk dan atas nama Yayasan Kalla dan selanjutnya disebut Pihak Pertama (I) dan siswa disebut Pihak Kedua (II). Adapun hak dan kewajiban yang dimaksud adalah:

Hak dan Kewajiban Pihak I Pihak Pertama berkewajiban :

Memberikan    beasiswa          pendidikan      kepada Pihak   Kedua dengan menanggung segala biaya meliputi biaya hidup, pendidikan, dan asrama. Pihak Pertama berhak menghentikan beasiswa jika :

1.         siswa bersangkutan dalam rapat kenaikan kelas dinyatakan tidak naik kelas dengan alasan akademik (nilai) dan atau nonakademik (tidak menunjukkan karakter yang baik sebagai teladan bagi siswa  yang lain).

2.         nilai rata-rata setiap mata pelajaran siswa yang bersangkutan di tiap akhir tahun ajaran kurang dari 80

3.         siswa bersangkutan melakukan pelanggaran yang di dalam tata tertib sekolah dan asrama merupakan pelanggaran yang berimplikasi pada sanksi dikeluarkan.

4.         Kelak di kemudian hari ditemukan bahwa data yang diberikan pihak kedua pada saat wawancara dan survei (tentang keadaan ekonomi keluarga) adalah tidak benar

 

Hak dan Kewajiban Pihak II Pihak Kedua berkewajiban :

1.      Menaati segala peraturan yang ditetapkan sekolah.

2.      Menunjukkan karakter yang baik sebagai teladan bagi siswa yang lain.

3.      Menunjukkan sikap dan motivasi belajar yang tinggi.

 

Pihak Kedua berhak : Mendapatkan pendidikan beasiswa penuh dari Pihak Pertama yang menanggung segala biaya meliputi biaya hidup, pendidikan, dan asrama.

 

Setelah orang tua menandatangani surat tersebut berangkatlah siswa baru menuju gedung asrama, tak lupa panitia membawakan barang siswa baru sebagai bentuk penghormatan. Kejutan yang diberikan oleh pihak sekolah adalah pemberian aksesoris (bros) yang berisi dengan kalimat motivasi atau ucapan selamat  datang untuk angkatan baru dari kakak senior kepada juniornya yang baru bergabung. Sesampainya di gedung asrama siswa kemudian berfoto di spot di depan asrama sebagai titik awal dan kesan pertama saat berada di asrama, kemudian diantarlah siswa baru kekamarnya. Namum sebelum itu siswa baru diwajibkan menyetorkan uang dan telepon genggam yang ia bawa.

Welcoming Day sungguh memiliki banyak kesan. Sebagai siswa baru para peserta mengaku bangga bisa menjadi bagian dari kelurga besar SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone. Walaupun orang tua mengaku sangat berat untuk membawa dan meninggalkan anak-anak mereka ke SMP Islam Athirah Bone, namun hal itu tidak ada artinya dibandingkan dengan besarnya harapan orang tua untuk anak- anaknya kelak agar bisa menjadi manusia yang lebih baik di masa depan. Amin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar