LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
MATERI TEKS PIDATO PERSUASIF
Kompetensi
Dasar:
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar
dan dibaca
4.3
Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
3.3.1 Mengidentifikasi dengan tepat isi pidato
persuasif.
3.3.2
Menyimpulkan dengan tepat tujuan pidato persuasif.
3.3.3
Menyimpulkan dengan tepat tiga cara menyampaikan pidato persuasif
4.3.1
Memahami unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan simpulan.
4.3.2
Menyimpulkan dengan baik isi pidato persuasif.
Tujuan Pembelajaran:
3.3.1 Melalui penyajian sebuah teks, peserta didik
mampu mengidentifikasi dengan tepat isi pidato persuasif.
3.3.2
Melalui penyajian sebuah teks peserta didik mampu menyimpulkan dengan tepat
tujuan pidato persuasif.
3.3.3 Dengan mencermati bagan bentuk penyampaian
pidato persuasi, peserta didik mampu menyimpulkan dengan tepat tiga cara
menyampaikan pidato persuasif.
4.3.1
Melalui penyajian sebuah teks peserta didik mampu memahami unsur yang harus
diperhatikan untuk mendapatkan simpulan.
4.3.2
melalui penyajian sebuah teks, siswa menyimpulkan dengan baik isi pidato
persuasif
Berbicara
merupakan salah satu aspek yang dimiliki
manusia. Akan tetapi, apakah kamu pernah berbicara menyampaikan di depan orang
banyak? Kalau pernah, berarti kamu sudah melakukan pidato. Pada bab ini akan
dipelajari tentang pidato. Berpidato memerlukan keberanian dan tujuan untuk
meyakinkan orang lain. Kalian akan berlatih mengidentifikasi dan menyimpulkan
isi pidato persuasif.
A. Mengidentifikasi
Informasi dalam Pidato Persuasif
Tugas
Kelompok
Untuk membangun pemahamanmu tentang pidato persuasif,
kerjakanlah latihan berikut ini!
Perhatikan teks pidato berikut!
Assalamualaikum Wr Wb.
Pertama-tama, marilah kita
panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, yang senantisa
melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini,
di gedung ini dengan keadaan sehat wa-afiat. Yang kedua tidak lupa sholawat dan
salam yang senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad
SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.
Yang saya hormati para
peserta Seminar Pengembangan Pemuda Menjadi Pribadi Pengusaha.
Saya mengucapkan banyak terima
kasih bagi panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik dan lancar.
Sebelum kita membahasnya
lebih jauh, pernahkah kita menyadari bahwa betapa banyak pengusaha-pengusaha
sukses yang meniti karir kehidupannya mulai dari nol besar. Mereka-mereka
adalah kebanyakan yang mempunyai latar belakang orang susah atau orang tidak
mampu namun mempunyai mimpi yang begitu besar. Kebanyakan kisah dari
pengusaha-pengusaha besar yang sukses mereka yang mempunyai latar belakang
pendidikan sekolah yang tidak terlalu tinggi, lususan SD misalnya. Seperti
kisahnya Pak Kusrin dari Karanganyar Jawa Tengah yang sukses membuat televisi
dan usahanya berkembang sampai ke skala nasional adalah seorang lulusan SD yang
mempunyai etos kerja dan semangat juang yang sangat tinggi mampu mewujudkan
cita-citanya.
Pendidikan yang tinggi tidak
menjamin kita akan mendapat pekerjaan yang baik dan menjanjikan untuk memenuhi
kebutuhan jika kita tidak pernah beranjak dari mimipin kita yang tidak pernah
kita wujudkan.
Kebanyakan pengusaha-pengusaha
yang telah berhasil malah memperkerjakan orang-orang memiliki latar belakang
pendidikan yang tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwa muda mempunyai
kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Masih
cukup banyak waktu untuk berusaha sebaik mungkin dalam mewujudkan apa yang kita
cita-citakan. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berfikir yang
visioner, yakni mampu melihat peluang dimasa depan dan mampu memanfaatkan
peluang tersebut. Disini saya bukan berarti melarang anda untuk menempuh
pendidikan yang
setinggi-tingginya.
Kan tetapi kita semua harus mempunyai jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya
dapat diandalkan untuk mengangkat perekonomian Indonesia yang lebih baik.
Remaja-remaja yang saat ini
sedang mencari dan membentuk jati dirinya harus mempunyai sudut pandang yang
lebih baik mengenai kehidupan. Khususnya dalam membangun perekonomiannya
sediri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian bangsa. Salah satu
caranya adalah pembekalan dan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapat
menumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur. Hal ini penting, karena
salah satu unsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian. Marilah para
pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berfikir kreatif
dan inovatif dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Jangan takut gagal, karena
orang-orang yang sukses bermuloa dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai
prosesnya menuju suatu kesuksesan.
Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan
diri sendiri, segalanya menjadi mungkin. Sebenarnya yang membatasi kemampuan
kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berfikir manusia itu tidak
terbatas, kita sendiri yang kadang membatasi pemikiran-pemikiran kita tersebut.
Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi
generasi-generasi yang akan datang.
Sekian yang dapat saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar
kali ini, pada penutupan kali ini saya hendak menegaskan sekali lagi, kita
harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi
wirausaha. Semoga apa yang saya katakan dan saya ungkapkan bermanfaat bagi anda
semua, dan mohon maaf atas semua kesalahan.
Billahitaufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh…
Setelah
membaca pidato di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Siapa pendengar pidato tersebut?
2.
Apakah tujuan pembicara menyampaikan
pidatonya?
3.
Temukan informasi penting dalam pidato
tersebut!
4.
Apa pesan yang disampaikan dalam pidato
tersebut?
5. Apakah
pidatonya termasuk pidato persuasi?
6. Apa
arti kata “persuasi”?
7. Menurutmu,
apa pengertian pidato persuasi?
8. Apa
tujuan dari sebuah pidato persuasi?
Ungkapkanlah hasil
diskusimu dalam sebuah diskusi kelas. Tanggapilah juga hasil pekerjaan kelompok
lainnya.
Tugas Individu
Lakukan kegiatan berikut!
v Simaklah
sebuah video pidato yang diputarkan oleh gurumu, kemudian catatlah informasi
penting dalam pidato tersebut!
v Kerjakan
soal-soal berikut berdasarkan pidato yang kalian saksikan!
1. Dalam
acara apa pidato tersebut diperdengarkan?
2. Catatlah
informasi pokok dalam pidato tersebut!
3. Apa
pesan yang terkandung dalam pidato tersebut?
4. Tentukan
bagian yang menunjukkan bahwa pidato tersebut adalah sebuah pidato persuasi!
B. Mengidentifikasi
Cara Menyampaikan Pidato Persuasi
1. Tentukan
mana contoh cara persuasi berdasarkan etika, emosi, dan logika!
“Coba pikirkan,
jutaan hewan yang kehilangan rumahnya setiap hari akibat pohon yang ditebang.
Jika didaur ulang berkelanjutan,kita dapat menyelamatkan banyak hutan yang indah.”
1:…………………….
|
“Kita paham
bahwa cadangan sumber daya alam kita terbatas. Kita dapat memperpanjang
cadangan kita dengan daur ulang.”
2: …………………….
|
“Daur ulang
adalah hal benar yang kita lakukan. Memubazirkan sumber daya kita yang terbatas
sama dengan mencuri hak anak cucu kita di masa depan. Ini tidak bermoral.”
3: …………………….
|
C. Menyimpulkan
Isi Pidato Persuasif
Tugas Kelompok
Lakukan kegiatan berikut!
1. Buatlah
kelompok yang terdiri atas 3-4 orang!
2. Bacalah
pidato berikut!
Assalamualaikum
Wr Wb.
Selamat
malam.
Hadirin
yang saya hormati.
Pertama-tama,
marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. Karena hanya dengan rahmat
dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul dalam acara pada sore hari ini.
Pada
kesempatan ini, saya akan berbicara mengenai sampah yang menimbulkan banyak
masalah di kota Watampone. Banyak dampak negative sampah yang menumpuk. Oleh
karena itu, perlu adanya penanggulangan yang tepat untuk mengatasi masalah
sampah.
Hadirin
yang saya hormati.
Sampah
yang sering kita temui adalah sampah plastic dan botol. Kedua jenis sampah
tersebut masuk ke dalam jenis sampah anorganik. Sampah anorganik adalah sampah
yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Karena sulit diuraikan oleh
mokroorganisme,semakin banyak sampah anorganik ditemui menumpuk bahkan sampai
berserakan di sudut kota watampone. Kalau tidak segera diatasi, sampah tersebut
akan menggunung dan menimbulkan penyakit. Sampah ini menjadikan lingkungan
tidak enak dipandang. Selain itu, sampah anorganik tersebut akan menjadi sarang
penyakit.
Sampah
anorganik yang menumpuk dapat diatasi dengan daur ulang. Sampah plastic dan
botol dapat didaur ulang menjadi kerajinan tangan, seperti tas, tempat pensil,
dan pot. Oleh karena itu, mari menggiatkan kegiatan daur ulang untuk mengatasi
penumpukan sampah anorganik di kota ini. Saya yakin, jika setiap warga
masyarakat mau dan mampu mendaur ulang sampah anorganik dengan baik,
permasalahan sampah yang menumpuk di kota inidapat diatasi. Selain itu,
masyarakat akan mendapat penghasilan tambahan jika mampu mengemas dan
memasarkan produk tersebut dengan baik.
Hadirin
yang saya hormati.
Demikian
pandangan saya mengenai masalah sampah di kota ini. Semoga dapat bermanfaat.
Bila ada kata-kata yang salah, mohon dimaafkan.
Atas
perhatian hadirin, saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum
Wr Wb.
3. Catatlah
pokok-pokok isi pidato tersebut berdasarkan unsur-unsur yang terdapat dalam
sebuah pidato persuasif!
Pembukaan
|
Pokok-pokok Isi pidato
|
|
Hadirin yang saya hormati.
Pertama-tama,
marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. Karena hanya dengan
rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul dalam acara pada sore hari ini.
Pada
kesempatan ini, saya akan berbicara mengenai sampah yang menimbulkan banyak
masalah di kota Watampone. Banyak dampak negative sampah yang menumpuk. Oleh
karena itu, perlu adanya penanggulangan yang tepat untuk mengatasi masalah
sampah.
|
….
….
|
|
Isi Pidato
|
||
Hadirin yang saya hormati.
Sampah yang sering kita temui adalah sampah plastic
dan botol. Kedua jenis sampah tersebut masuk ke dalam jenis sampah anorganik.
Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme.
Karena sulit diuraikan oleh mokroorganisme,semakin banyak sampah anorganik
ditemui menumpuk bahkan sampai berserakan di sudut kota watampone. Kalau
tidak segera diatasi, sampah tersebut akan menggunung dan menimbulkan
penyakit. Sampah ini menjadikan lingkungan tidak enak dipandang. Selain itu,
sampah anorganik tersebut akan menjadi sarang penyakit.
Sampah anorganik yang menumpuk dapat diatasi dengan
daur ulang. Sampah plastic dan botol dapat didaur ulang menjadi kerajinan
tangan, seperti tas, tempat pensil, dan pot. Oleh karena itu, mari
menggiatkan kegiatan daur ulang untuk mengatasi penumpukan sampah anorganik
di kota ini. Saya yakin, jika setiap warga masyarakat mau dan mampu mendaur
ulang sampah anorganik dengan baik, permasalahan sampah yang menumpuk di kota
inidapat diatasi. Selain itu, masyarakat akan mendapat penghasilan tambahan
jika mampu mengemas dan memasarkan produk tersebut dengan baik.
|
….
….
….
|
|
Penutup
|
||
Demikian pandangan saya mengenai masalah sampah di
kota ini. Semoga dapat bermanfaat. Bila ada kata-kata yang salah, mohon
dimaafkan.
Atas perhatian hadirin, saya ucapkan terima kasih.
|
….
|
4. Berikan
tanggapan mengenai permasalahan yang diungkapkan dalam pidato tersebut!
5. Buatlah
simpulan isi pidato tersebut!
Tugas Individu
Simaklah
baik-baik pidato yang akan dibacakan oleh temanmu berikut ini dengan seksama.
Simpulkan isi pidato tersebut dalam satu paragaf!
Assalamualaikum WR. WB.
Teman-teman
serta hadirin dan hadirat sebangsa dan setanah air yang saya banggakan
Perkenankan saya untuk membawakan sebuah pidaro yang
berjudul Optimalisasi Bonus Demografi
untuk Mewujudkan Generasi Emas Anti Narkoba
Sadarkah
kita? bahwa indonesia saat ini sedang mengalami bonus demografi yang puncaknya
tahun 2045. 45% penduduk indonesia berada pada usia produktif yang mampu
memenuhi kebutuhan penduduk non produktif. termasuk kedalamnya para generasi
muda yang patut diwanti-wanti dalam hal penyalahgunaan narkoba.
Kemungkinan pertama yakni kemungkinan terburuk, melihat dari grafik penyalahgunaan
narkoba yang terus meningkat di kalangan remaja, ditambah lagi dengan bonus
demografi dimana jumlah generasi muda di indonesia semakin banyak tidak menutup
kemungkinan para pengedar memanfaatkan hal ini untuk menarik banyak korban
kedalam lembah yang menjadi sumber dari berbagai kejahatan dan penyakit yang
bernama narkoba. banyak modus dan taktik licik para pengedar menjalankan
rencananya. mulai dari berkedok brownies dan coklat ganja yang dijual secara
online. hingga obat herbal yang dicampur dengan ganja serta tembakau sintetis.
Melihat kondisi yang begitu memprihatikan ini, marilah kita semua mulai dari
lingkungan keluarga, lingkungan masyrakat juga sekolah untuk bersatu melawan
narkoba. Optimalisasi edukasi kepada generasi muda baik itu melalui pendekatan
agama, menjaga keharmonisan keluarga, ataupun melalui ilmu pengetahuan mengenai
bahaya dari pada narkoba itu sendiri.
Hadirin dan hadirat yang saya banggakan
Secara garis besar kita
perlu mengoptimalkan bonus demografi melalui pemberian edukasi mengenai bahaya dari narkoba.
generasi muda yang terbebas dari narkoba mampu menjadi generasi emas yang
membanggakan keluarga, bangsa, dan Negara. Bukan hanya dari segi prestasi
kompetitif namun yang lebih penting adalah soal pergaulan atau hubungan sosial
yang baik serta moral atau akhlak yang luar biasa dengan semua itu, terciptalah
generasi penerus bangsa yang sangat berharga bagaikan emas murni. Maka marilah
kita satukan tekad dan prinsip yakni “SAY NO TO DRUGS
Sekian dari saya semoga
bermanfaat
Wassalamualaikum Wr. Wb.
D. Latihan
Soal Pilihan Ganda
1. Cara
menyampaikan pidato persuasi di bawah ini yang menggunakan pendekatan etika
adalah…
A. “Daur
ulang adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Dengan membuang-buang sumber
daya yang terbatas, kita sama saja sedang melakukan tindakan amoral yaitu
merampok masa depan para generasi penerus”.
B. “Coba
pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar sana yang kehilangan rumahnya setiap
hari karena pohon-pohon selalu ditebang. Dengan menerapkan program daur ulang,
kita bisa menyelamatkan hutan indah yang menjadi rumah mereka”
C. “Anda
tentu tahu bahwa sumber daya alam yang tersedia sangatlah terbatas. Anda dan
saya, kita, bisa membuatnya bertahan lebih lama dengan menerapkan program daur
ulang".
D. “Jika
anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti merusaknya!”.
“Di
sini anda adalah delegasi Negara-negara anda. Pengusaha, anggota perhimpunan
wartawan, atau politisi. Akan tetapi, sebenarnya anda adalah ayah, ibu, saudara
laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, dan anda semua adalah anak dari
seseorang”.
2.
Kalimat di atas merupakan cara memersuasi dengan menggunakan pendekatan …
A. Etika
B. Logika
C. Emosi
D. Persuasi
“Saat
ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu
menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh
sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang
berlaku di negara yang kita cintai ini.”
3.
Kalimat di atas adalah bagian pembukaan pidato yang bertujuan untuk…
A. Merebut
perhatian audiens
B. Menunjukan
kelayakan berbicara
C. Menyampaikan
tujuan
D. Menunjukkan
hubungan dengan audiens
Mari kita lanjutkan perjuangan, beri
dukungan pada komitmen pemerintah dalam membangun sekolah menyenangkan, serta
jaga stamina raga, rasa, dan cipta Ibu dan Bapak semua. Izinkan saya pamit
sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, teriring rasa terima kasih, juga permohonan
maaf tak terhingga atas segala khilaf yang ada. Salam hormat saya untuk Ibu dan
Bapak semua. Mari kita teruskan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa ini.
4.
Penggalan pidato di atas merupakan bagian …
A. Pembuka
B. Penutup
C. Isi
D. Tujuan
…
perlombaan yang dimaksud yaitu baca puisi pada tanggal 13 Mei 2018, menulis
cerpen pada tanggal 14 Mei 2018, dan pementasan drama pada tanggal 16 Mei 2018.
5.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi penggalan pidato dengan tema kegiatan
sekolah
tersebut
…
A. Kegiatan
menyambut hari ulang tahun sekolah kita meriahkan dengan perlombaan seni.
B. Perlombaan
menyambut hari ulang tahun sekolah kita laksanakan sangat sederhana dengan
berbagai perlombaan seni.
C. Festival
menyambut perayaan hari ulang tahun sekolah kita berjalan lebih cepat dan
sangat sederhana
D. Perlombaan
menyambut hari ualang tahun sekolah kita berlangsung lancer tanpa gangguan
apapun.
(1)Saya
merasa takut berada di bawah sinar matahari karena berlubangnya lapisan ozon. (2)Saya
merasa takut untuk bernapas karena saya tidak tahu ada bahan kimia apa yang
dibawa oleh udara. (3) Saya sering memancing di Vancouver bersama ayah saya,
hingga Beberapa tahun yang lalu kami menemukan bahwa ikan-ikannya penuh dengan
kanker. (4) Sekarang kami mendengar bahwa binatang-binatang dan tumbuhan satu
persatu mengalami kepunahan
tiap
harinya hilang selamanya.
6.
Kalimat yang menggunakan model repetisi pada kutipan pidato persuasif di atas
adalah …
A. 1
dan 2
B. 2
dan 3
C. 3
dan 4
D. 2
dan 4
Dengan
pendidikan kalian akan mendapatkan ilmu. Ilmu tersebut dapat kalian jadikan
bekal untuk masa depan. Ilmu merupakan harta yang takkan pernah habis. Uang dan
harta yang kamu miliki sewaktu-waktu dapat habis. Namun, ilmu dapat kalian bawa
sampai mati.
7.
Paragraf di atas merupakan ciri struktur pidato persuasif yaitu …
A. Pendapat
atau pendirian
B. Pernyataan
posisi
C. Tahap
argumen
D. Penguatan
pernyataan posisi
Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh
agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski konteks ajaran tersebut
tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan
rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan
lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan
sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
8.
Kutipan teks pidato di atas menggambarkan ciri struktur …
A. Pendapat
atau pendirian
B. Pernyataan
posisi
C. Tahap
argumen
D. Penguatan
pernyataan posisi
Lingkungan sekolah seharusnya bisa
mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Pencerminan
budaya di lingkungan sekolah akan berdampak positif bagi masyarakat sekolah.
Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa
tidak nyaman lagi.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu
terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita
tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh karena
itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan terus dijaganya
kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.
9.
Kalimat yang menggunakan bentuk pasif pada kutipan teks pidato di atas adalah…
A.
Lingkungan sekolah seharusnnya
mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan.
B.
Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan
sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak nyaman lagi.
C.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu
terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita
tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah.
D.
Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari
sekolah ini sangat menginginkan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah
yang kita cintai.
Pada hari ini kita memperingati Hari
Pendidikan Nasional. Pada kesempatan ini saya ingin mengemukakan Beberapa hal
yang menurut saya penting untuk kalian. Pendidikan sangat penting dalam hidup
ini.
Dengan pendidikan kalian akan mendapatkan
ilmu. Ilmu tersebut dapat kalian jadikan bekal untuk masa depan. Ilmu merupakan
harta yang takkan pernah habis. Uang dan harta yang kamu miliki sewaktu-waktu
dapat habis. Namun, ilmu dapat kalian bawa sampai mati.
Perlu kalian ketahui bahwa di luar sana
masih banyak anak lain yang sangat merindukan pendidikan. Namun mereka tidak
memiliki biaya untuk meraih pendidikan. Oleh karena itu, kalian harus belajar
dengan giat dan jangan sia-siakan kesempatan yang kalian peroleh.
10.
Tema pidato di atas yang tepat adalah …
A. Pentingnya
pendidikan bagi manusia dalam hidup.
B. Pentingnya
hari pendidikan bagi seluruh siswa sekolah.
C. Cara
memanfaatkan kesempatan untuk belajar.
D. Pentingnya menuntut
ilmu sampai ke jenjang yang lebih tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar