Senin, 07 Oktober 2019

Struktur dan Kaidah Teks Berita




Struktur Teks Berita
Sebagai sebuah teks, berita memiliki struktur dan kaidah kebahasaan. Struktur teks berita berfungsi sebagai kerangka yang dapat membentuk menjadi gaya kepenulisan berita. Struktur berita adalah sebagai berikut.
1.      Judul berita
2.      Teras berita
3.      Tubuh berita
4.      Ekor berita
Bila digambarkan dalam sebuah bagan, maka akan berbentuk seperti piramida terbalik.


Judul berita
Judul berita haruslah memenuhi unsur singkat, jelas, dan tepat. Judul berita juga harus sesuai dengan isi informasi yang disampaikan. Saat ini banyak penulis berita online cenderung membuat judul berita yang bombastis demi mendapatkan pembaca, isinya biasanya tidak seheboh judul yang dibuat.
Teras berita
Teras berita atau yang biasa juga disebut dengan lead. Adalah bagian penting dari sebuah berita. Di dalamnya termuat unsur 5 W + 1 H. teras berita yang baik dapat membuat pembaca tertarik untuk terus membaca keseluruhan isi berita. Ada banyak macam gaya menulis lead berita. Ada yang diawali dengan kata aksi, ada juga yang diawali dengan kata atau kalimat seru.
Tubuh berita
Tubuh berita memuat informasi detail dari sebuah berita. Informasi tersebut merupakan bagian dari unsur “how” atau “bagaimana”. Penulis mengemukakan rincian kejadian peristiwa di bagian ini.
Ekor berita
Sebuah teks yang baik tentunya memiliki kesimpulan. Kesimpulan sebuah berita tidak dirumuskan oleh penulis berita karena hal tersebut menyalahi kaidah penulisan mengingat sebuah berita tidak boleh memuat opini penulis. Oleh sebab itu, kesimpulan sebuah berita biasanya berupa komentar dari tokoh yang diliput atau orang-orang yang berada di tempat kejadian yang diliput.

Kaidah Kebahasaan Berita
Tidak semua pembaca berita memiliki Pendidikan dan kemampuan yang sama. Di samping itu, bahasa berita yang berbelit-belit justru membingungkan pembaca sekaligus dapat mengaburkan makna sebuah berita. Oleh karena itu, bahasa berita  yang baik adalah yang memenuhi ciri sebagai berikut:
1.      Singkat, jelas, tepat, dan sederhana
2.      Selalu berkembang dan dinamis sesuai dengan tuntutan masyarakat.
3.      Kalimat dalam berita pendek, singkat, penuh isi.
4.      Isi berita sangat penting, dengan tetap memperhatikan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku.

Contoh:
Athirah Yakini Lewati Spensa
Bone_Athirah Megazine. Juara bertahan, Tim Futsal Athirah sangat yakin dapat melewati Tim Futsal Spensa untuk mendapatkan tiket ke semifinal Bupati Bone Cup 2019. Duel kedua tim akan digelar di Stadion Futsal Macege, Watampone, Sabtu (27/9) sore Wita.
Pelatih Athirah, Sapriadi, menilai Spensa memiliki kolektivitas permainan yang bagus. Kendati demikian dia tak terlalu khawatir karena kondisi timnya sangat prima. Selain itu, tekad para pemain untuk terus melaju dinilai sangat membanggakan.
Tim Futsal Athirah akan diperkuat skuad intinya. Di depan ada Gibran Habibie dan Rafli. Sedang di tengah ada Athila, Fadli, Reza, dan Iwan. Benteng pertahanan dikawal Faturrahman, Rifki, Alif Fahmi, dan Haerul. Pelatih Spensa asal Makassar, Andi Ramang menilai bahwa Athirah adalah sebuah tim yang diisi banyak pemain bintang. Menurutnya, Ia siap untuk meladeni para pemain Athirah, para pemainnya sudah siap.
“Seluruh pemain sudah siap mental, tidak ada jaminan bahwa Athirah akan mudah melewati tim kami. Para pemain akan berjuang sekuat tenaga untuk membendung mereka,” Ujar Pelatih kawakan yang baru melatih Tim Spensa pada Kejuaraan Bupati Bone Cup 2019.

Latihan
1.      Cermati dengan seksama video yang diputarkan oleh gurumu !
2.      Identifikasi unsur 5 W + 1 H yang terdapat pada tayangan video tersebut!
3.      Susunlah sebuah teks berita yang baik sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan teks berita!


1 komentar: