Sabtu, 30 Mei 2020

Mendidik Itu Sebuah Hobi




Ulasan Buku karya Direktur Islam Athirah, Mendidik itu Membahagiakan
Buku setebal 70 halaman yang mengambil tema Pendidikan ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan Syamril, ST.,M.Pd. Direktur Sekolah Islam Athirah. Buku ini memuat 30 tulisan terbaik opini yang dimuat di media cetak Makassar dalam rentang waktu tiga tahun terakhir dari sosok yang juga menjabat sebagai Rektor Kall  a Business School.

Secara fisik, sampul yang cerah dengan pilihan warna ceria selaras dan harmoni dengan judul yang dipilih. Diksi “membahagiakan” seolah didukung dengan pilihan warna oranye dan hijau. Kombinasi ideal antara kebahagiaan duniawi dan ukhrawi. Media dan alat-alat pembelajaran menjadi pemanis bahwa apa yang ada di dalamnya akan mengulas tentang dunia belajar dan mengajar.
Secara garis besar, ada tiga tema mayor yang dipilih, di antaranya yaitu tema sekolah, Guru, dan siswa/pembelajar. Ketiganya kemudian diejawantahkan ke dalam tulisan-tulisan penuh makna dan pembelajaran dalam dunia Pendidikan. Goresan tinta yang merepresentasikan ide-ide cemerlang sang penulis dalam kesehariannya di dunia Pendidikan. Tidak hanya itu, referensi spiritual yang menelusup ke dalam setiap artikelnya menambah bobot tulisannya yang tidak hanya berbicara tentang dunia semata, tetapi juga menerawang jauh kemana hakikat aktivitas dunia itu akan dibawa, yakni tak lain kepada Rabbnya.
Menelisik isinya, rasanya artikel yang diangkat sebagai judul dari buku ini layak untuk dijadikan ide utama pembahasan kita. Bahwa sesungguhnya apabila guru mencintai kegiatan mendidik maka ia mengerjakan apa yang dicintainya. Layaknya hobi yang menghasilkan materi, maka mendidik adalah hobi seorang guru. Hobi yang dengan cinta dan kebahagiaan mereka mau melakukannya, mau mengorbankan apa saja untuk memenuhi hobinya, meluangkan waktu, tenaga, dan biaya agar ia dapat menyalurkan hobinya tersebut.  
Karena mendidik adalah hobinya, maka ia dikerjakan dengan cinta. Segala hal yang disertai dengan cinta muaranya adalah kebahagaiaan. Kebahagiaan itu sendiri membuat yang merasakannya terlihat awet muda dan lebih bersemangat. Sesungguhnya semua artikel yang ada di dalam buku ini sangat membahagiakan dan menyejukkan pembacanya. Ia tidak hanya memaparkan problematika dalam dunia Pendidikan, tetapi juga langkah nyata dan solusi yang bisa ditempuh untuk keluar dari masalah tersebut.
Buku ini layak menjadi rujukan untuk semua pelaku dalam dunia Pendidikan, tidak terkecuali pemangku kebijakan dan akar rumput yang menjadi ujung tombak perjuangan bangsa dalam dunia Pendidikan. Pembacanya akan dibuat kembali terisi energinya, baik itu energi motivasi dan gairah untuk produktif, tetapi juga energi spiritual untuk kembali kepada sang Khalik. 

Muh.Nurholis_Bone, 31/5/2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar