Senin, 20 Juli 2020

Cara Belajar Efektif ; Materi MPLS 2020



Assalamualaikum Wr Wb.
Athirah…. Anggun Unggul Cerdas
Insan SIA TOP, Tegas Optimis Pemenang

Pada kesempatan kali ini, bapak akan menyajikan materi MPLS tentang Cara belajar yang efektif.
Ada satu Kegiatan yang dilakukan oleh siapa saja dengan segala usia dan dapat dilakukan di mana sana dan kapan saja.  Hal itu adalah belajar. Belajar tidak mengenal usia, anak kecil, remaja, sampai orang tua  selalu belajar. Tidak juga mengenal tempat dan waktu. Kapan saja dan dimana saja pasti ada yang dapat kita pelajari. Namun belajar juga tidak boleh sembarangan belajar, ya. Ada cara yang bisa kita lakukan supaya kita bisa belajar yang benar.

5 hal yang harus kamu lakukan supaya bisa Belajar yang benar:
1.      Mindset yang benar
Sebelum belajar, yang harus kita lakukan adalah membuka pikiran kita atau istilah kerennya itu mindset kita. Pikiran kita harus dibenarkan dulu, nih. Seperti gelas kosong yang udah siap menerima, bagaikan spons yang siap menyerap, pikiran kita juga harus terbuka. Jangan belum apa-apa kita sudah antipati duluan.  Jangan belum apa-apa, kita sudah memblok duluan dengan bilang “ ah yang itu aku udah tau”, “Ah, caranya itu-itu aja”, “ah aku ga suka gurunya”. Kalau caranya seperti itu kita tidak bakalan dapat menerima materi dengan baik. Kalaupun ada yang berbeda, jangan ditolak dulu, terima dulu kemudian diolah. Ingat, dengan mindset yang benar kamu pun bisa belajar dengan benar.
2.      Guru yang benar
Belajarlah pada orang yang benar-benar menguasai, orang-orang yang memang betul-betul paham dengan apa yang inigin kamu kuasai. Nah kayak bapak ibu guru di Athirah tuh, professional-profesional banget guru-gurunya. Kamu bisa bertanya dan belajar banyak dari mereka.
3.      Waktu yang benar
Belajar juga butuh waktu. Tidak secara instan. Pernah tidak kalian mandi sampe satu jam lamanya, terus tidak mandi lagi selama seminggu, atau cuman sekali sikat gigi buat tiga hari. Pastinya rishi kan? Nah belajar juga seperti itu. Harus dilakukan secara berkelanjutan. Emang sih ada istilah Sistem kebut semalam, atau the power of kepepet. Tapi yang seperti itu kebanyakan tidak ada hasil maksimal yang kamu dapatkan. Kita harus jadikan belajar sebagai sebuah kebiasaan, sama seperti kalua sehari aja kita tidak mandi, atau sehari aja kita tidak sikat gigi
4.      Cara yang benar
Masing-masing orang punya cara atau kecenderungan belajar yang berbeda-beda., ada yang visual, auditoris, bahkan ada yang kinestetik, pokoknya macem-macem deh. Nah, kalian tentukan, gaya kalian belajar itu seperti apa.  Dengan begitu kalian dapat merasa nyaman saat belajar.
5.      Lingkungan yang benar
Kadang kala kita bisa konsen belajar kalua suasananya tenang. Ada juga yang suka belajar pake ngemil, ada yang pake music, , ada yang suka belajar dengan berkelompok pakai diskusi, ada yang suka belajar sendiri dengan membaca, ada yang suka dengan mendengarkan penjelasan dari orang lain. Kamu tinggal pilih lingkungan seperti apa yang membuat kamu nyaman saat belajar.

Bosan, ya, Belajar juga bisa membuat kita merasa bosan. Kenapa hal ini bisa terjadi. Salah satunya adalah rutinitas belajar yang itu-itu saja (monoton).  Senin sampai jumat jam 8 sampai jam 12. Atau mata kita selama 4 jam ga lepas nempel terus di laayar hp atau laptop. 
Nah supaya kalian tidak cepat bosan saat belajar, nih bapak kasih tau.
Tips belajar supaya tidak cepat merasa bosan
1.      Berdoa sebelum belajar
Apapun yang kita kerjakan harus selalu diawali dengan doa. Usaha itu penting, tetapi usaha tanpa doa, bagai taman tanpa bunga. Hehehe. Belajar adalah ibadah maka lebih afdal lagi kalua diawali dengan doa kepada Sang Rabb supaya apa yang kita kerjakan selalu diberkahi Allah Swt.
2.      Belajar dengan metode 50 : 10
Metode ini terkenal sekali di jepang, artinya itu dalam satu jam belajar, 50 menit nya buat focus, dan 10 menitnya buat istirahat. Bisa juga diatur 30 menit focus, 10 menit istirahat, lalu 20 menitnya focus lagi. 10 menit itu bisa kalian pakai bua tiduran, maen game, ngobrol atau apa ajalah, abis itu focus lagi. Penting buat mengistirahatkan otak biar selalu fresh dan moody.
3.      Buat target belajar
Target itu penting supaya kegiatan belajar lebih terarah. Jadi misalnya, kamu buat target sekali belajar harus menyelesaikan 20 soal, atau sekali belajar harus menyelesaikan 1 tema materi dan soal latihannya. Ini lebih efektif dibandingkan menggunakan lama atau durasi waktu sebagai target. Misalnya target sehari 3 jam belajar.
4.      Reward and punishment
Saat belajar, perlu juga tuh kalian buat hadiah atau hukuman buat diri kalian. Contoh kalua target belajar kalia tercapai kalian boleh maen game 1 jam pada hari itu, atau kalua kalian tidak bisa menyelesaikan soal2 itu tepat waktu, maka kalian harus menambah jam belajar sebagai hukuman.
5.      Cari sumber belajar yang lain
Belajar pakai blog atau youtube di hape bisa aja buat kalian bosan. Coba cari sumber belajar yang lain, di Wikipedia, misalnya, atau kalian coba pergi ke perpustakaan daerah, siapa tau bisa pinjam buku bagus sesuai dengan apa yang sedang kalian pelajari. Bisa juga dengan berdiskusi sama teman atau saudara di rumah.
6.      Cari suasana baru
Kalau belajar jangan di kamar terus, sekali-sekali cari suasana baru, di taman misalnya, atau di teras rumah, di halaman belakang. Atau dimana aja yang bisa bikin mood kalian itu ok lagi.
7.      Ikut kelompok belajar
Kalian juga bisa bikin kelompok belajar dengan teman sekelas, biasanya kalua ada yang ditemenin diskusi belajar bisa jadi mengasyikkan, yang penting ndak keterusan jadi bergosip yah.

Cara belajar yang efektif di rumah selama masa pandemic atau BDR
1.      Tentukan waktu belajar (buat jadwal belajar seperti jadwal belajar yang ada di sekolah)
2.      Tentukan tempat dan Rapikan tempat belajar yang akan kalian gunakan (meja belajar, kamar, atau ruang belajar yang ada di rumah).
3.      Cari cara belajar yang sesuai
4.      Belajar bareng teman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar