Senin, 26 Agustus 2019

Kesantunan Suku Bugis



Oleh Sita Mardatilla

Di Sulawesi Selatan terdiri dari berbagai suku seperti Suku Bugis,suku Mandar,suku Bugis Makassar,suku Toraja,suku Kajang dll. Tapi,yang paling menarik di antara suku-suku tersebut adalah suku Bugis. Karena suku bugis memiliki bahasa yang unik dan berbeda.Sebenarnya suku Bugis hampir mirip dengan suku Bugis Makassar.

Suku bugis memiliki budaya mappatabe, budaya mappatabe ini sangat penting,karena budaya mappatabe ini menanamkan sikap sopan santun kepada diri kita dan orang lain.Misalkan,jika kita lewat di depan lain(orang yang di kenal maupun tidak di kenal) kita dapat sedikit menundukkan badan dan kepala,bisa juga sambil menyimpan tangan di dekat lutut dan mengucapkan kata ”tabe”.
Tapi,anak muda sekarang sudah jarang menanamkan sikap sopan santun terhadap diri mereka.Ini semua karena pergaulan yang bebas.Ini semua karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anak-anak mereka.
Di suku bugis juga memiliki bahasa yang lumayan sulit. Contoh kata bahasa bugis yang mengajarkan/memotivasi kita agar belajar adalah”Agguruko bara kuammengi mumacca”artinya adalah ”belajarlah kamu agar kamu bisa pintar”, dan ada juga lagu yang bisa memotivasi kita untuk belajar yaitu judulnya Alama Sea Sea Mua.
Marilah menghargai suku kita masing-masing, karena pasti suku memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar