Rabu, 16 September 2020

Apa itu Teks Eksemplum??

 


 Teks Eksemplum

Kehabisan Bensin

 Hampir setiap hari aku mengendarai motor ke kantor. Karena aku harus tiba di kantor pagi pukul 09.00, aku harus bangun pagi-pagi. Suatu kali pernah aku menonton pertandingan yang amat seru. Klub favoritku Manchester United melawan musuh bebuyutnya, Chelsea.

Tentu saja aku tak bisa meninggalkan pertandingan itu. Agar tidak terlewat, aku tetap terjaga hingga pertandingan mulai pukul 02.00 dini hari. Pertandingan selesai pukul 04.00 dengan akhir tim favoritku jadi juara. Strategi yang mereka pakai sangat mengesankan. Aku menikmati waktu yang tersisa untuk tidur dengan perasaan senang.

Pukul 07.15 aku terbangun. Tidur hanya tiga jam membuat kepalaku pusing. Mana aku harus buru-buru mandi dan tak sempat sarapan. Pukul 07.45 aku berangkat dari rumah dengan tergesa-gesa. Padahal aku biasa berangkat dari rumah jam 07.30 agar tepat sampai kantor jam 09.00.

Aku ngebut bak orang kesetanan. Namun tiba-tiba motorku mendadak berhenti. Aku baru sadar bensinku habis. Bensinku tinggal sedikit semalam. Aku lupa mengisinya. Apalagi aku terus-terusan ngegas dan ngerem, membuat bensin cepat habis. Akhirnya aku mendorong motorku. Lumayan jauh juga, sekitar 2 kilometer sampai aku ketemu penjual bensin eceran.

Ah, masih pagi hariku sudah kacau. Aku telat sampai ke kantor dan kena omel bosku. Gajiku dipotong karena telat. Badanku pegal-pegal karena mendorong motor. Belum lagi pusing karena hanya tidur tiga jam. Ini hari paling sial dalam hidupku. [3] Aku kapok begadang. Walapun senang karena tim kesukaanku menang, akibatnya tidak sepadan. Harusnya aku bisa mengatur strategi nonton bola dan ke kantor lebih hebat lagi. Seperti bagaimana Manchester United memenangkan pertandingan dengan strateginya yang cantik.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Teks Eksemplum: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan Contohnya",

Penulis : Nibras Nada Nailufar

Editor : Nibras Nada Nailufar

 

Teks yang baru saja kita baca adalah salah satu contoh teks eksemplum. sebuah teks yang menceritakan sebuah kisah yang di dalamnya terdapat hikmah yang bisa kia ambil.

Dalam keseharian yang kita jalani ada banyak peristiwa, dan setiap peristiwa yang kita lalui sesungguhnya ada hikmah di dalamnya. Entah itu mengingatkan kita atau menjadi teguran buat kita. Semuanya menuntun kita agar menjadi orang yang lebih baik lagi.

Sebuah kisah yang diceritakan dan di dalamnya memuat hikmah atau pelajaran yang bisa diambil disebut dengan teks eksemplum. Mungkin kalian pernah melihat sinetron atau FTV yang kisahnya diambil dari kisah nyata? Nah, naskah skenarionya bisa kita sebut salah satu contoh dari teks eksemplum.

Teks eksemplum biasanya diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian peristiwa yang dialami oleh tokoh, lalu ditutup dengan interpretasi yang timbul dari tokoh tersebut. Banyak drama dan cerita yang berbentuk teks eksemplum. Teks eksemplum berbeda dengan cerita fiksi atau fabel yang biasa kita baca ketika kecil.

Struktur teks eksemplum terbagi menjadi tiga yakni:

1.      Orientasi: Bagian awal yang berisi pengenalan tokoh

2.      Insiden: Bagian yang mengandung masalah yang dihadapi tokoh

3.      Interpretasi: Bagian penyelesaian. Biasanya mengandung pesan moral, evaluasi, dan akibat yang dialami tokoh dari pengalaman yang tidak diinginkan.

Selain itu, teks eksemplum juga mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan teks lain. Ciri-ciri teks eksemplum yakni:

1.      Berisi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan

2.      Mempunyai struktur lengkap

3.      Adanya urutan peristiwa yang jelas

4.      Menggunakan bahasa naratif

Hampir sama dengan teks prosedur kompleks yang banyak menggunakan konjungsi, di unsur kebahasaan teks eksemplum juga terdapat konjungsi, berikut ini unsur-unsurnya:

1.      Menggunakan Kalimat Kompleks

2.      Menggunakan Konjungsi (penghubung)

3.      Menggunakan Kata Rujukan

4.      Menggunakan Kata Kerja

 

 

30 komentar:

  1. Qona'ah Febriananda IX Asy Syahid

    BalasHapus
  2. Syahra Dewi Aprian | IX Ar Raqib

    BalasHapus
  3. Syaakilah Nurul Aulia
    VII AR RAHIM hadir

    BalasHapus
  4. Muh. Unggul P.R. | Ar - Rasyid Hadir

    BalasHapus
  5. Andi Shulbi Nur Azyfah || VII Ar-Rahim

    BalasHapus
  6. Athaillah Fathurrayan Anwa |IX Ar Raqib

    BalasHapus
  7. Intan Eka Wulandari IX Ar-Rasyid

    BalasHapus
  8. Khaerinasuardi asysyahid hadir

    BalasHapus