Selasa, 02 Mei 2023

Bukan Tentang Angka_Naila

 Boarding Story #33

A.Alifah Naila Zalfa

Bukan Tentang Angka

 

Bulan yang menyinari malam indah,hujan yang begitu deras dan angin yang bertiup kencang kini menghempas jendela dan gorden ruang keluarga Zayla. Kini ia sedang duduk bersama keluarganya sambil menikmati kue dan teh hangat. Zayla pun berdiri dari kursi dan menuju ke teras rumah sambil memandang bulan dari jauh.Ucap Zayla didalam hati,

”lihatlah bulan bagaimana ia bersinar dengan sendirinya”.Dan disini dia mulai berpikir semua orang memiliki kesempatan  dimana ia akan bersinar.Sama seperti halnya semua akan beredar pada garis edarnya masing-masing. Zayla terpikir dengan nilai rapor yang baru saja ia ambil tadi sore.Tetapi kebetulan orang tuanya tidak bisa mendampingi Zayla karna ada pertemuan  yang harus ia hadiri.

Zayla mulai merasa campur aduk karna khawatir keadaan rapornya yang sangat menurun. Menurut orang tua Zayla nilai adalah hal yang menjadi penentu untuk kita sukses.Tapi sebenarnya nilai hanyalah bonus,tetapi relasi atau pengalaman yang harus kita raih. “Nanti sore les ya nak,gk usah banyak banyak ikut Organisasi”.Ucapan inilah yang selalu terlintas di benak nya.Zayla pun mulai capek mendengar unek-unek Orang tua nya.Zayla sangat suka alam itulah mengapa dia jarang untuk betah di rumah.Zayla sempat berpikir bagaimana yah kalau saya masuk asrama saja,pasti saya sudah jauh dari orang tua tanpa ada larangan-larangan lagi. Keluarga Zayla masih lengkap tapi dia tidak pernah merasakan kebahagiaan di dalamnya.

Zayla Anaz Brilliant adalah Seorang siswi yang sangat Berprestasi,tapi dengan prestasinya yang dia raih  orang tuanya tidak pernah merasa puas dengan pencapaian Zayla.Karna prinsip Zayla dan Orang tuanya itu sangat berbeda. Zayla berpikir sekolah itu bukan hanya mengejar angka saja tetapi untuk mencari atau mengembangkan potensi yang dimiliki.Zayla adalah seorang anak yang sangat menyukai Organisasi.Karna Organisasinya lah dia terkenal dimana mana,namanya sudah terkenal diberbaga imacam media sosial.

1 minggu telah berlalu,Zayla pun mengurus surat pindah ke sekolah barunya. Zayla mulai merasa lega karna sebentar lagi Zayla akan masuk asrama.Sepanjang di mobil Zayla berpikir,semoga disekolah barunya banyak yang ingin berteman dengannya,karna Zayla mempunyai kepribadian suka bersosialisasi dengan orang orang baru yang dia temui dia takut jika tidak ada satu orang pun menemaninya. Dan tibalah dia di sekolah barunya yaitu Sekolah Islam Athirah Bone,tetapi sebelum masuk ke kelas,disekeliling sekolah  dipenuhi dengan  siswa siswi yang memandang Zayla dengan wajah yang kagum karna pembawaannya yang luar biasa dengan paras yang cantik dan anggunly.

Kring.. Kring..

Bel telah berbunyi membuat hati siswa siswi bahagia menandakan Istirahat telah tiba,Zayla pun berjalan ke kantin untuk mengambil snack dan minuman. Pada saat antri tiba-tiba  datanglah  segerombolan geng yang  menghampirinya dan bertanya,.

“Ini Zayla ya?” salah satu ketua geng bertanya kepada Zayla dengan mata yang sinis dan hati yang penuh kebencian kepada Zayla”

 Kemudian Zayla ini menjawab dengan santai pertanyaan tersebut seakan akan tidak ada yang terjadi pada dirinya. Padahal Segerombolan geng ini sangat iri kepada Zayla.

“Kenapa kamu memilih untuk pindah dan  bersekolah disini?” Ucap Chelsea penuh dengan rasa tidak suka keberadaan Zayla. Tetapi Zayla ini bingung dengan pertanyaan tersebut,karna menurutnya pertanyaan itu sudah menjadi hal biasa untuk seseorang memilih Athirah Bone sebagai tempat menuntut Ilmu.Chelsea adalah seorang yang memiliki kemampuan pandai berbicara didepan banyak orang, tidak berbeda jauh dengan arti nama yang ia miliki “Pandai berbicara”, Chelsea juga memiliki sifat yang tidak mau di saingi.Nah kebetulan Zayla ini juga memiliki kepribadian seperti itu.Chelsea ini sudah menjadi siswi terfavorit dan tidak mau kalah saing dengan teman-temannya,dirinya lah yang harus mengikuti ketika ada lomba.Tapi semenjak kedatangan Zayla, guru guru lebih mendukung Zayla ketika ada event-event lomba.Namanya selalu yang terpilih untuk mengikuti lomba tersebut.

Pembelajaran pun telah selesai,semua orang-orang bergegas pergi ke Masjid untuk bersiap-siap sholat ashar.Setelah kegiatan di masjid, Zayla pun berjalan ke asrama dan  menyusun   barang yang sudah di kenakan.Zayla mulai merasa lelah dengan aktivitas yang dari pagi ia lakukan,ia bergegas untuk menuju ke kamarnya.Sepanjang pembicaraan Zayla pun mulai merasa betah dan nyaman bersosialisasi dengan teman kamarnya.Kebetulan dia mendapatkan teman kamar yang sefrekuensi dengannya.Dikamar Zayla menceritakan bagaimana dirinya sebelum ia bersekolah di tempat ini,menceritakan masalah masalah yang ia hadapi sampai memilih untuk berasrama.Karna keasikan berbicara,pukul  menunjukkan 17.20 dan tamatlah pembicaraan tersebut.Masing-masing meninggalkan tempat perbincangan  dan bergegas untuk melakukan aktivitas seperti biasa  mandi dan makan sore.

Zayla pun berjalan ke selasar asrama dan kebetulan  berpapasan dengan Chelsea dan gengnya yang ingin bergegas ke ruang makan.

“Zay,makan yuk”,Ucap Chelsea yang pura-pura baik didepannya.

“Duluan aja chel,nanti gw nyusul kebetulan gw lagi puasa”,Respon Zayla dengan ramah.

Setelah Zayla merespon pertanyaan tersebut ia langsung pergi dan meninggalkan geng tersebut.

 

“Bagaimana kalau rencana kita berjalan disini,ini waktu yang tepat” Pikir Chelsea.

Rencana ini sudah ia rencanakan sejak waktu istirahat tadi.

“Tapi kan gw lapar,besok besok aja chel,kan masih banyak waktu” Bentak kia.”

“Yaudah deh,biar gw sendiri aja” Jawab  Chelsea.

Mereka pun meninggalkan chelsea dengan sendirinya berdiri disitu.Chelsea berjalan ke kamarnya dan mengambil suatu  perhiasan berupa gelang dan menuju ke lemari Zayla dan menyimpan gelang tersebut.Di sekolah Islam Athirah telah berlaku peraturan tidak diperbolehkan membawa perhiasan.Tapi chelsea ini ingin agar Zayla mendapatkan peringatan.Zayla pun keluar dari kamar mandi dan menuju ke lemarinya.

“Chelsea apa yang kamu bikin disitu?” Sapa Zayla

Chelsea pun balik sambil terkejut karna dia masih berada di posisi tersebut.

“Tidak Zay,saya hanya ingin melihat-lihat lemari,eh iya lemari kamu bagus juga ya,indah lipatannya” Ucap basa basi Chelsea.

“Oh iya terima kasih,kamu sudah makan?tau menunta gk? ” Respon Zayla dengan ramah.

“Saya kenyang kok,nanti malam aja gw makan cemilan,kebetulan orang tua gw datang kemarin jadi lagi banyak stock hehehe” Jawab Chelsea dengan

“Oh iya kalau begitu saya duluan yah” sapa Zayla.

“iya dadah,,untung aja gw gak ketahuan” Ucap Chelsea dalam hati yang masih gemetar.

 

5 menit lagi waktunya adzan maghrib,Zayla pun bergegas untuk berbuka puasa dan sholat maghrib.Setelah melakukan semua kegiatan di masjid,Zayla pun terlelep di ranjangnya.Mata Zayla sempat terpejam selama 1 jam,kemudian matanya terbangun karna mendengar teriakan orang-orang karna kehilangan barang,tetapi barangnya ini berupa baju sehari-hari.

“Pengecekan lemari aja miss” Ucap Chelsea maksa.

“Yes rencana gw berhasil,pasti sebentar lagi Zayla akan diberikan sanksi karna membawa perhiasan” lanjut Chelseaa dalam hati.

Tetapi Zayla ini mengacuhkan apa yang sedang terjadi,karna dia merasa sangat capek dengan aktivitas sehari-harinya.

“Aduh baru beberapa hari gw disini,belum aja 1 bulan capeknya sudah kayak 3 tahun” keluh Zayla.

Suara pintu terbuka mengkagetkan Zayla,dan dia pun terbangun  dan melihat kearah pintu.

“Zay dipanggil miss tuh diluar” Teriak Dira berdiri didepan pintu.

Zayla pun berjalan ke meja miss,dengan tubuh yang kedinginan karna cuaca yang lagi kurang mendukung.

“iya miss ada apa?” Ucap Zayla.

“Duduk Zayla! Tahu apa pelanggaran yang kamu buat” Tanya Miss Ummul.

“HAH?sepertinya tidak ada miss” jawab zayla dengan kaget.

“Di lemari kamu telah ditemukan barang berharga,kamu tau itu apa? Ini sudah pelanggaran berat yang kamu lakukan“Andai saja teman kamu tidak kehilangan barangnya,mungking miss belum dapat kelakuan kamu,emangnya kamu tidak diberitahukan peraturan membawa barang berharga?Ini itu asrama bukan tempat untuk bergaya” Ujar miss Ummul sangat kecewa.

“Tapi miss itu bukan punya saya,miss boleh kok telfon orang tua saya untuk meminta kejelasan dari pemilik barang itu” Zayla mengelak.

“Kamu kalau sudah salah gk usah mengelak lagi,ini sudah malam waktunya istirahat,Senin saya akan kesekolah untuk bertemu dengan pihak bk” Ucap miss dengan rasa mengantuk.

“Baik miss” Jawab Zayla dengan singkat.

Saat Zayla berjalan ke kamar,badannya sudah sangat lemas mungking karna aktivitas nya yang padat,tatapannya sudah mulai kosong dan tidak bisa melihat jalan lagi,ditambah selasar yang licin karna air hujan yang merembas masuk ke selasar kini membuat Zayla terjatuh dan merasa sangat sakit.

“ADUUHHH SAKIT” merengek Zayla.

Dia berusaha bangkit sendiri dari rasa nyeri yang ia rasakan,dan melihat sekeliling dia tidak melihat siapa siapa yang berada disekitar selasar,semua sudah merasa pulas di tempat tidurnya masing-masing.

Cahaya petir begitu menyilaukan mata dan guntur bergerumuh memecah langit malam membuat Zayla pasrah dan tidak bisa berbuat apa-apa,bibirnya terlihat sangat pucat dan giginya menggerutu.Tetapi lebih parahnya lagi Chelsea sama sekali tidak menolong Zayla,padahal dari tadi dia belum tidur karna mengintip  Zayla yang sementara dimarahi  oleh miss Ummul.Dia malah tertawa dan mengejek Zayla.

“Rasain lo.. ,tau kan akibatnya sendiri ambil hak orang lain” Ucap Chelsea dalam hati.

Zayla pun pasrah dengan kondisinya sekarang,dia merelakan untuk berbaring dilantai karna kepalanya sangat pusing.

Bruk bruk,sebuah benda menjatuhi Lia dari atas. “ADUHHH” teriak lia.

Lia terbangun dan menghempas nafasnya, “oh cuma mimpi,aduh mana kebelet bab lagi”.

“Oh iya,apa gw minta tolong di Zayla aja deh untuk temani gw” Ucap Lia sambil melangkahkan kaki ke ranjang Zayla.

Melihat ranjangnya yang kosong,Lia berpikir,”oh mungking dia sudah bangun,tapi apa yang Zayla bikin ditengah malam begini?”

Lia pun berusaha positif thinking dengan keadaan yang terjadi.Saat menghentakkan kaki untuk keluar,perasaan Lia mulai campur aduk,”kok kedengaran ada suara merengek ya?tapi itu asalnya dari mana”.Lia pun berusaha tenang dan memegang gagang pintu,Lia langsung teringat dengan kejadian horror yang ia dengar dari orang lain tentang asrama.Langkahnya sempat berhenti beberapa menit tapi dia tetap  penasaran.Perlahan ia membuka pintu dan terkejut melihat keberadaan Zayla yang terlentang di lantai.

“Zay,gw bantu bangun ya kita kekamar untuk istirahat,nah sekarang pegang tangan gw!” Ucap Lia penuh dengan rasa kasihan.

“Gak usah Lia,gw disini aja baring,kalo gw kekamar nanti ranjang gw jadi basah” Tolak Zayla.

Karna kekhawatirannya,Lia pun tetap memaksa agar Zayla tetap masuk ke kamarnya dan beristirahat.kemudian ia bergegas menuju ke lemari Zayla untuk mengambilkan baju .

“Zay baju kamu ganti dulu sana,nanti kamu tambah masuk angin,lagian panas kamu tinggi banget nanti setelah ganti baju,kamu langsung istirahat ya” Ucap Lia dengan perhatian.

Adzan shubuh telah berkumandang,semua bergegas melangkahkan kakinya ke masjid,saat pembina asrama mulai pengecekan shubuh,miss Ummul melihat Zayla masih terlelap di kasurnya.Saat membangunkan Zayla dia menepuk tangannya agar bangun,tapi miss ummul sadar panas Zayla sudah sangat tinggi dan akhirnya mengambilkan kompres.Beberapa menit telah berlalu semua bersiap-siap untuk melakukan aktivitas seperti biasanya dan hari ini adalah hari minggu jadi agenda yang biasa mereka lakukan adalah pembersihan asrama.

“Miss,ada hal penting yang harus kubicarakan sama kita” Ucap Ashana.

“Oh iya,nanti setelah pembersihan nak” Jawab Miss Ummul.

Arsahana adalah anggota dari geng Chelsea,tapi Arshana dipaksa untuk join di geng tersebut dan hanya dijadikan babu,Arshana pun tidak bisa menolak dengan tawaran mereka karna Arshana akan dalam kondisi bahaya.

“Chelsea,miss mau minta tolong untuk dipanggilkan Arshana” Ucap Miss Ummul.

Arshana pun datang menghampiri dan duduk didepan miss.

“Ada hal penting yang harus miss ketahui,sebenarnya gelang itu bukan milik Zayla miss” Ucap Arshana dengan gugup.

“Kok Arshana bisa tau,apa itu punya kamu?” Tanya miss Ummul.

“Tidak miss bukan punya saya,tapi ini semua rencana Chelsea yang lakukan”Jawab Arshana.

“Astagfirullah,betul betul di Chelsea dari dulu memang begitu terus sifatnya” Ucap Miss Ummul dengan kecewa.

Mereka pun dua orang terdiam,”Nanti di sampaikan ke pihak bk dih nak,terima kasih infonya” Sambung Miss Ummul.

Waktu semakin terus berjalan,Miss Ummul membawakan makanan dan mengobati Zayla di kamar.Mereka pun berbincang dan membahas tentang masalah kemarin.Miss memberitahukan Zayla tentang kejadian sebenarnya yang ia dapatkan info dari Arshana

“Orang seperti Chelsea harus di berikan hukuman yang sangat berat,perbuatan yang sudah ia lakukan sudah berkali-kali terjadi tapi dia tidak pernah menyesali perbuatannya.hukuman apapun yang di berikan dia tidak pernah tahu diri” Ucap Miss Ummul.

Sebelum Zayla bersekolah di Sekolah Islam Athirah,Chelsea sudah pernah mendapatkan surat peringatan dari pihak sekolah,dan juga sudah beberapa kali pihak sekolah melapor kepada kedua orang tuanya karna kelakuan yang ia perbuat.Zayla sangat tidak menyukai ketika temannya mendapatkan apresiasi dari guru-guru,itulah mengapa Zayla melakukan tindakan yang sangat tidak disangka-sangka.

Keeskoan harinya..

Disini tempat murid dapat mecurahkan segala permasalahan atau kelah kesuhnya sebagai murid yaitu bk,kini Chelsea berada di ruang bk dengan jantung yang berdetak kencang.Masalah Zayla baru saja sudah ditangani oleh BK kini berbuat kembali.

“Chelsea,namamu sudah 8 kali tercatat dibuku ibu,kini yang ke 9 kalinya kamu melanggar dengan berat.Beberapa hari yang lalu,masalahmu baru saja kelar dan kamu masih berbuat lagi,tapi kali ini ibu tidak bisa memberikan kesempatan lagi,dan sekarang kamu bukan lagi siswi Sekolah Islam Athirah Bone,namamu sudah ibu blacklist” Ucap Ibu Sulastri.

“Tapi ibu,memang nya kesalahan yang baru saya buat apa ya?” elak Chelsea.

“Kamu nanya masalah mu apa?” Jawab Ibu Sulastri

“Duh,ibu pasti prank gw kan hhahahh” Ucap Chelsea dengan ketawa.

PUKKK…

“IBU BICARA SERIUS ZAYLA” Ucapnya dengan nada kasar sambil menumbuk meja.

“Keluar dari ruangan ibu sekarang juga” sambung Ibu Sulastri.

Sepanjang perjalanan menuju asrama,Chelsea kepikiran dengan masalah yang ia buat,dia sempat berpikir “Kemarin kan yang gw lakukan itu cuman menaruh barang di lemari Zayla,kok bisa sampai terbongkar di bk sih?Atau ada yang melapor?Tapi kan kemarin orang-orang pada makan sore semua” pikirnya dalam hati.

“Firasat gw mungking betul deh,siapa lagi kalau bukan Zayla,pasti dia asal nuduh sembarang aja”tuduh Chelsea.

“Gapapa deh,yang jelas gw mau cari sekolah yang lebih kece dari Athirah Bone” ucapnya dengan bangga.

Istirahat telah tiba,keluarlah siwa siswi di area lapangan sambil beristirahat dan menikmati snack yang telah disajikan

“Katanya ada agenda ya sebentar malam ya?” Tanya para siswa siswi dengan heboh .

“Iya,katanya sih sudah isya,kayaknya agenda kajian lagi kok” Jawab salah satu murid dengan santai.

 

 

Waktu terus semakin berjalan,semua pada sibuk dengan aktivitasnya masing-masing yang sangat padat,bagaimana pun lelahnya mereka menjalani aktivitas,mereka pun tetap melewati hari-harinya dengan tetap semangat.Pasti dalam diri mereka memiliki prinsip hidup itu dijalani,tidak selamanya kita akan terus dibawah,layaknya seperti roda yang berputar.

Agenda sebentar lagi akan dimulai,semua siswa diharap untuk tenang dan fokus.

“SAATNYA PENGUMUMAN PALING DITUNGGU- TUNGGU YANG HANYA DIADAKAN SELAMA 1 TAHUN YAITU DUTA ASRAMA PERIODE 2022-2023,SIAPAKAH YANG BERHASIL MERAIH PENGANUGRAHAN INI?”                                                   Ucap MC dengan suara yang lantang.

“Kami ucapkan selamat kepada ZAYLA ANAZ BRILLIANT,diharap agar maju ke depan untuk menyampaikan sesuatu dan harapan selama berada disini” Ucap mc mempersilahkan Zayla.

 “kita semua berpeluang untuk menjadi yang terbaik ,awalnya saya sempat berpikir meraih duta asrama sangatlah tidak mudah.Dibalik orang yang sukses sekarang pasti pernah melewati banyak rintangan,tidak semua orang sukses secara bersamaan,kita bisa belajar dari bunga,bunga indah tidak semuanya bersamaan mekar. mendapatkan motivasi biasanya kita butuh dukungan,entah itu dari keluarga maupun teman.Ketika kita berkata ragu itulah hal yang menghambat langkah kita untuk menjadi orang sukses.Semakin sulit perjalanan hidup,maka kita akan menjadi semakin kuat dari yang kemarin.Proses itu diawali dengan keluar dari zona nyaman,nah sekarang kita semua berada jauh dari orang tua rasanya sangat hampa kan.Disinalah kita dilatih merasakan pahitnya kehidupan, semua orang pasti mempunyai prinsip sebelum bersekolah disini.itulah mengapa kita harus berpegang teguh pada prinsip,kita yang menciptakan kemana arah yang akan kita jalani kedepannya.Dan yang terakhir berhasil itu bukan diukur dari seberapa angka yang kita peroleh,sukses itu ketika kita sudah mampu menjadi contoh untuk orang lain dan orang lain menjadikan kita sebagai motivasinya. “SUKSES BUKAN DILIHAT DARI NILAI,TETAPI SEBERAPA MAMPU KITA MEMOTIVASI ORANG LAIN.”Ucapnya Zayla.

Siswa siswi serentak bertepuk tangan dan memeriahkan isi masjid,mereka semua terharu dengan kata-kata Zayla.Zayla siswi terhebat,belum saja ia cukup 1 tahun disini,kini ia berhasil menjadi DUTA ASRAMA.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar