RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Islam Athirah Bone
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi
Pokok : Pidato Persuasif
Alokasi
Waktu : 6 X 40 Menit (2X Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
dan kawasan regional.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan jadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
|||
KD
3.3
|
Mengidentifikasi
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
|
KI
4.3
|
Menyimpulkan
gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
|
IPK
|
3.3.1 Mengidentifikasi isi pidato persuasif.
|
IPK
|
4.3.1
Memahami unsur yang harus
diperhatikan untuk mendapatkan simpulan.
|
3.3.2
Menyimpulkan tujuan pidato
persuasi.
|
4.3.2
Menyimpulkan pidato persuasi.
|
||
3.3.3
Memahami tiga cara menyampaikan
pidato persuasif.
|
|||
3.3.4
Membuat ungkapan meyakinkan
berdasarkan etika, emosi, dan logika.
|
B. Tujuan
Pembelajaran
Dengan
menggunakan model pembelajaran Berbasis Teks melalui pendekatan Konstruktivisme
menggunakan metode demonstrasi, tanya jawab, ceramah, dan penugasan, peserta
didik mampu mengidentifikasi pidato persuasif dengan tepat, peserta didik mampu
menyimpulkan tujuan pidato persuasif dengan tepat, mampu memahami tiga cara menyampaikan pidato persuasif
dengan baik, mampu membuat ungkapan
meyakinkan berdasarkan etika, emosi, dan logika. Selain itu, peserta didik
mampu memahami unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan simpulan dengan
baik, dan mampu menyimpulkan pidato persuasif dengan tepat.
C. Materi
Pelajaran
1. Ciri,
tujuan, dan isi pidato persuasif
2. Tiga
cara menyampaikan pidato persuasif
3. Menyimpulkan
isi pidato persuasif
D. Model,
Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Berbasis Teks
2. Pendekatan
Pembelajaran : Konstruktivisme
3. Metode : Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, dan
Penugasan
E. Media,
alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media : Slide
PPt, Lembar Kerja, Teks Pidato Persuasif, video pidato persuasif
Alat : Laptop,
LCD Projector
Bahan : Bahan
Ajar Teks Pidato Persuasif
Sumber Belajar:
1.
Buku paket Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2017. (Hal. 33-44)
2.
Bahasa Indonesia 3 Kelas IX SMP/MTs.
Disusun oleh Budi Waluyo,Penerbit PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo. Tahun
2018 (Hal. 41-58)
3.
Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani.
2008 (Hal. 8 – 10)
4.
Bahasa Indonesia IX, disusun oleh Uti
Darmawati dan Yustina. Penerbit Intan
Pariwara, Klaten.(Hal. 26-32)
5.
Panduan Pembelajaran untuk Sekolah
Menengah Pertama 2016. Tim Kemendikbud. Diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Dikdasmen SMP. (Hal. 279-301)
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 X 40)
Pendahuluan
|
||
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
·
Peserta
didik diminta mempersiapkan kelas (Tepuk PPK dan Salam PPK).
·
Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling
mendoakan.
·
Apersepsi
peserta didik melalui pemaparan tujuan pembelajaran
|
·
PPK
· Religiusitas
· HOTS
·
Motivasi
|
15 Menit
|
Inti
|
||
Bulding
Knowledge of Field
·
Peserta
didik menyaksikan tayangan sebuah video pidato kampanye pilpres 2019.
·
Peserta
didik dan pendidik melakukan tanya jawab terkait tayangan video pidato
kampanye pilpres 2019.
·
Peserta
didik menyimpulkan definisi pidato persuasif berdasarkan poin-poin yang
mereka kemukakan sendiri terkait tayangan video yang diputarkan.
Modelling of
Text
·
Peserta
didik kembali meyaksikan sebuah pidato persuasif sebagai bentuk representasi
definisi yang telah dirumuskan bersama.
·
Peserta
didik mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh pendidik.
Join
Construction of Text
·
Peserta
didik mencermati sebuah mind mapping tentang tiga cara menyampaikan pidato persuasif.
·
Peserta
didik diminta membuatkan power point tentang materi cara menyampaikan pidato
persuasive. Satu kelompok mengerjakan 1 dari tiga cara menyampaikan pidato
persuasive.
·
Power
point terdiri atas. Judul, deskripsi materi, contoh kutipan teks/contoh video
pidato singkat.
·
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelompok yang lain.
·
Kelompok
yang lainnya memberikan tanggapan.
Independent Construction of Text
·
Siswa
mengerjakan lembar kerja individu.
|
·
Literasi
audio visual
·
Critical
Thinking
·
Literasi
Audio Visual
·
Mandiri
·
Literasi
Teks
·
Colaboration
·
Communicative
·
Mandiri
·
Tanggung
jawab
|
90 Menit
|
Penutup
|
||
·
Peserta
didik dan pendidik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·
Pendidik
melakukan refleksi pembelajaran.
·
Peserta
didik dan pendidik melakukan beres-beres.
·
Peserta
didik dan pendidik menutup pembelajaran dengan doa bersama.
|
·
HOTS
·
Gotong
royong
·
Religiusitas
|
15
Menit
|
Pendahuluan
|
||
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
·
Peserta
didik diminta mempersiapkan kelas (Tepuk PPK dan Salam PPK)
·
Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling
mendoakan.
·
Apersepsi
peserta didik melalui pemaparan tujuan pembelajaran
|
·
PPK
· Religiusitas
·
HOTS
|
15
Menit
|
Inti
|
||
Independent Construction of Text
·
Peserta
didik membahas hasil tugas individu yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
·
Peserta
didik duduk kembali Bersama kelompoknya.
Modelling
of Text
·
Peserta
didik menyaksikan sebuah tayangan video.
·
Pendidik
dan peserta didik bertanya jawab terkait
isi pidato.
·
Pendidik
menjelaskan langkah-langkah menyimpulkan isi pidato.
Join Construction of Text
·
Peserta
didik secara berkelompok mengerjakan lembar kerja.
·
Peserta
didik membacakan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·
Pendidik
menyimpulkan dan memberikan masukan.
Independent
Construction of Text
·
Peserta
didik mengerjakan lembar kerja individu menyimpulkan pokok-pokok isi pidato.
|
·
Tanggung
jawab
·
Literasi
audio visual
·
HOTS
·
Colaboration
·
Gotong
royong
·
Communcation
·
Critical
Thinking
·
Gotong
royong
·
Communicative
·
Tanggung
jawab
·
Mandiri
|
90
Menit
|
Penutup
|
||
·
Peserta
didik dan pendidik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·
Pendidik
memberikan refleksi pada siswa berupa penguatan
·
Peserta
didik dan pendidik melakukan beres-beres.
·
Peserta
didik dan pendidik menutup pembelajaran dengan doa bersama.
|
·
HOTS
·
Motivasi
·
Gotong
royong
·
Religiusitas
|
15 Menit
|
G.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Kompetensi Keagamaan dan Sosial
a.
Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b.
Bentuk : catatan
hasil observasi
c.
Instrumen : jurnal
(terlampir)
2.
Kompetensi Pengetahuan
a.
Teknik
penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b.
Bentuk Penilaian : tugas
individu dan tugas kelompok.
c.
Instrumen penilaian : lembar
kerja. (terlampir)
3.
Kompetensi Keterampilan
a.
Teknik
penilaian : tes penugasan
b.
Bentuk : tugas
tertulis.
c.
Instrumen penilaian
: lembar kerja (terlampir)
4. Remedial
a. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan
kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga
memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi
Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
a.
Peserta didik yang
mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan.
b.
Peserta didik yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Makassar, 15 September 2019
(Nuraeni, S.Pd.)
(Muh.Nurholis,
S.Pd.)
NIK.123/SIA.123 NIK.477/SIA.461
Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama
Satuan pendidikan : SMP Islam Athirah Bone
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
INSTRUMEN PENILAIAN
KOMPETENSI PENGETAHUAN
Nama Satuan pendidikan :
SMP Islam Athirah Bone
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
1.
Mengidentifikasi isi dan menyimpulkan
tujuan pidato persuasi
Saksikan video yang diputarkan oleh gurumu, kemudian
jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1) Siapa
tokoh yang berpidato?
2) Dari
partai mana ia berasal?
3) Untuk
apa ia berpidato?
4) Apakah
dalam pidatonya ia mengajak pemilih untuk memilihnya?
5) Bagaimana
bunyi kalimat yang menunjukkan bahwa sang tokoh diminta untuk dipilih?
6) Alasan
apa saja yang ia kemukakan agar orang memilihnya?
7) Apakah
pidatonya termasuk pidato persuasi?
8) Apa
arti kata “persuasi”?
9) Menurutmu,
apa pengertian pidato persuasi?
10) Apa
tujuan dari sebuah pidato persuasi?
Rubrik penilaian
berkelompok!
Pertanyaan No.
|
Rentang Nilai
|
1
|
1 -5
|
2
|
1 -5
|
3
|
1 -10
|
4
|
1 - 5
|
5
|
1 - 10
|
6
|
1 - 20
|
7
|
1 - 5
|
8
|
1 - 10
|
9
|
1 - 15
|
10
|
1 - 15
|
Total
|
10 - 100
|
2. Memahami
Tiga Cara Menyampaikan Pidato Persuasif
a. Buatlah
mind mapping yang dapat memandumu untuk menjelaskan salah satu dari tiga
jenis cara menyampaikan pidato persuasi pendengar!
b. Lengkapi
mind mappingmu dengan contoh ungkapan berdasarkan etika, emosi, atau
logika!
c. Presentasikan
isi mind mappingmu di depan guru dan teman-temanmu!
Rubrik Penilaian
No
|
Keterangan
|
Skor
Maksimal
|
1
|
Mind
Mapping memuat penjelasan lengkap dan dapat dipahami siswa
|
30
|
2
|
Mind
Mapping bersifat interaktif dan efisien dalam penggunaannya pada power point
|
20
|
3
|
Mind
Mapping disertai dengan contoh dan memiliki tampilan yang menarik
|
20
|
4
|
Penyajian
Mind Mapping dipresentasikan secara efektif dan komunikatif
|
30
|
Total
Nilai
|
100
|
INSTRUMEN PENILAIAN
KOMPETENSI KETERAMPILAN
Nama Satuan pendidikan :
SMP Islam Athirah Bone
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
3. Menyimpulkan
Pidato Persuasi
Perhatikan
video pidato Severn Suzuki yang diputarkan oleh gurumu. Setelah itu, isilah
format berikut ini, sebagai latihan menangkap isi pidato.
Tema Pidato : …………………………………….
Pembicara : …………………………………….
Bentuk Sapaan yang
digunakan : …………………………………….
Kata penutup yang
digunakan : …………………………………….
Rangkuman
Pendahuluan : …………………………………….
Isi :
…………………………………….
Penutup : …………………………………….
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
|
Skor Maksimal
|
1
|
Menentukan
Tema Pidato
|
10
|
2
|
Mengidentifikasi
pembicara
|
5
|
3
|
Menuliskan
bentuk sapaan yang digunakan
|
5
|
4
|
Menuliskan
kalimat penutup yang digunakan
|
5
|
5
|
Menuliskan
dengan tepat pokok isi pendahuluan
|
10
|
6
|
Menuliskan
dengan tepat pokok isi pidato
|
20
|
7
|
Menuliskan
dengan tepat pokok isi penutup
|
15
|
8
|
Menuliskan
dengan tepat kesimpulan umum isi pidato
|
30
|
Total
Nilai Maksimal
|
100
|
4. Rencana
Tindak Lanjut Hasil Penilaian (Remedial dan Pengayaan)
Kerjakan soal-soal
berikut!
1. Perhatikan
teks pidato berikut ini!
Generasi
Emas Generasi Sehat Tanpa Narkoba
Zaman telah berubah,
pergaulan semakin tak terjangkau, tidak terbatasi ruang dan waktu. Bermodalkan
kuota 2 GB apapun bisa kita ketahui begitu kata Ustadz Abdul Somad. Dunia
seolah ada dalam genggaman kita, namun dengan seiring meningkatnya teknologi
yang ada maka semakin banyak pula permasalahan-permasalahan yang terjadi, salah
satunya yang menjadi pusat perhatian adalah Kasus Penyalahgunaan Narkotika.
Narkoba dilarang di
Indonesia karena memiliki dampak yang negatif atau buruk bagi kesehatan
manusia. Selain itu, menggunakan narkoba selain disamping dapat merugikan diri
sendiri juga dapat merugikan orang lain. Dianggap merugikan karena perilaku
atau psikologis pemakai atau pecandu menjadi tidak normal dan dapat menganggu
serta melukai orang lain.
Dari data hasil survey 17
provinsi jumlah pengguna Narkoba di Indonesia saat ini mencapai 6,4 Juta orang
dan 27,32 persennya adalah mahasiswa dan pelajar.Banyaknya jumlah pengguna
narkoba ini tentu saja akan menjadi permasalahan serius jika penanganannya
masih bersifat konvensional. Diperlukan lompatan-lompatan dan juga terobosan
untuk mengurangi jumlah pecandu narkoba daripada hanya sekedar mengadakan
penyuluhan maupun penyampaian pesan melalui iklan layanan masyarakat.
Mungkin sebahagian dari
kita belum menyadari bahwa fenomena meningkatnya angka kejahatan narkoba,
meningkatnya jumlah penyalahguna narkoba bahkan jumlah korban yang berjatuhan
karena narkoba diakibatkan juga oleh sikap tak peduli dan masa bodoh kita sebagai masyarakat. Hal itu mungkin
disebabkan karena kita merasa itu bukan urusan kita tetapi merupakan tugas dari
Pemerintah. Atau mungkin juga dikarenakan belum ada kejadian menyedihkan dan
tragis yang kita atau keluarga kita alami karena narkoba itu sendiri.
Lalu,apa penyebab generasi muda
mengonsumsi narkoba?
Banyak penyebab para
generasi muda mengonsumsi narkoba yaitu kurangnya kasih sayang dari kedua orang
tua, pergaulan bebas, dan pengaruh lingkungan. Pengaruh yang sangat kuat adalah
dari lingkungan dan pergaulan teman dekat karena pada umumnya remaja selalu
ingin diakui keberadaannya dalam suatu lingkungan atau kelompok tertentu. Pertanyaan kedua, mengapa dikalangan mahasiswa
ataupun pelajar rentan tergoda dengan hal negatif seperti narkoba? Karena pada
masa remaja rasa ingintahu dan selalu ingin
mencoba hal-hal yang baru semakin tinggi.
Kita semua memiliki
harapan yang besar terhadap generasi muda bisa benar-benar menjadi generasi
emas dan membawa kemajuan serta kejayaan
bagi Indonesia tepat. Lali, apa upaya kita agar generasi muda, tidak terjerumus
narkoba? Pertama, pendidikan dalam keluarga adalah usaha yang paling utama
dalam menjalankan pola hidup sehat tanpa narkoba. Orang tua menjadi orang yang
paling penting dalam menentukan kepribadian anak selain lingkungan sekitar.
Kedua, yaitu pihak sekolah yang memiliki kewajiban moral untuk memberikan
pemahaman yang baik kepada peserta didiknya akan bahaya narkoba, selain itu,
kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler akan sangat membantu peserta didik dalam
menyalurkan energinya dan dalam waktu bersamaan menjauhkan mereka dari Narkoba.
Dan ketiga yaitu dari pribadi kita sendiri yaitu menghindari pergaulan bebas,
senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dan selalu melakukan hal-hal
positif.
Oleh
karena itu untuk menciptakan Generasi emas, dibutuhan kerjasama yan baik dari
orang tua, sekolah maupun dari diri kita sendiri agar kita semua, generasi
penerus bangsa terhindar dari Narkoba. Mari Kita Wujudkan Generasi Emas,
Generasi Sehat Tanpa Narkoba.
Jelaskan
pesan dari pidato di atas!
2. Apakah
tujuan pidato persuasi?
3. Jelaskan
alasanmu, mengapa kampanye dalam pemilihan ketua OSIS termasuk dalam pidato
persuasi?
4. Buatlah
lima kalimat persuasif tentang keanekaragaman budaya!
5. Buatlah
ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon!
Rubrik Penilaian
No
Soal
|
Aspek
|
Skor Maksimal
|
1
|
Menuliskan
dengan tepat pesan dari pidato
|
15
|
2
|
Menuliskan
dengan tepat tujuan pidato
|
15
|
3
|
Menuliskan
dengan tepat alasan mengapa kampanye dalam pemilihan ketua OSIS termasuk
dalam pidato persuasi
|
20
|
4
|
Menuliskan
dengan tepat lima kalimat persuasif
tentang keanekaragaman budaya
|
20
|
5
|
Menuliskan
dengan tepat ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon
|
30
|
Total
Nilai Maksimal
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar