Kamis, 19 September 2019

Download RPP Teks Pidato Persuasif_Tugas PPG Daljab 2019


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan   :    SMP Islam Athirah Bone
Mata Pelajaran         :    Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         :    IX/Ganjil
Materi Pokok           :    Pidato Persuasif
Alokasi Waktu         :    6 X 40 Menit (2X Pertemuan)


A.    Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan jadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KD 3.3
Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
KI 4.3
Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
IPK
3.3.1  Mengidentifikasi isi pidato  persuasif.
IPK
4.3.1        Memahami unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan simpulan.
3.3.2        Menyimpulkan tujuan pidato persuasi.
4.3.2        Menyimpulkan pidato persuasi.
3.3.3        Memahami tiga cara menyampaikan pidato persuasif.

3.3.4        Membuat ungkapan meyakinkan berdasarkan etika, emosi, dan logika.


B.     Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Teks melalui pendekatan Konstruktivisme menggunakan metode demonstrasi, tanya jawab, ceramah, dan penugasan, peserta didik mampu mengidentifikasi pidato persuasif dengan tepat, peserta didik mampu menyimpulkan tujuan pidato persuasif dengan tepat, mampu memahami  tiga cara menyampaikan pidato persuasif dengan baik,  mampu membuat ungkapan meyakinkan berdasarkan etika, emosi, dan logika. Selain itu, peserta didik mampu memahami unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan simpulan dengan baik, dan mampu menyimpulkan pidato persuasif dengan tepat.
C.    Materi Pelajaran
1.      Ciri, tujuan, dan isi pidato persuasif
2.      Tiga cara menyampaikan pidato persuasif
3.      Menyimpulkan isi pidato persuasif

D.    Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran            :    Berbasis Teks
2.      Pendekatan Pembelajaran    :    Konstruktivisme
3.      Metode                                :    Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, dan Penugasan

E.     Media, alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media           :    Slide PPt, Lembar Kerja, Teks Pidato Persuasif, video pidato persuasif
Alat              :    Laptop, LCD Projector
Bahan           :    Bahan Ajar Teks Pidato Persuasif
Sumber Belajar:
1.      Buku paket Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2017. (Hal. 33-44)
2.      Bahasa Indonesia 3 Kelas IX SMP/MTs. Disusun oleh Budi Waluyo,Penerbit PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo. Tahun 2018 (Hal. 41-58)
3.      Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani. 2008 (Hal. 8 – 10)
4.      Bahasa Indonesia IX, disusun oleh Uti Darmawati dan Yustina.  Penerbit Intan Pariwara, Klaten.(Hal. 26-32)
5.      Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama 2016. Tim Kemendikbud. Diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Dikdasmen SMP. (Hal. 279-301)
6.      www.youtube.com
7.      www.wikipedia.com

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama (3 X 40)
Pendahuluan
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
·         Peserta didik diminta mempersiapkan kelas (Tepuk PPK dan Salam PPK).
·         Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
·         Apersepsi peserta didik melalui pemaparan tujuan pembelajaran
·     PPK

·     Religiusitas

·     HOTS
·     Motivasi

15 Menit
Inti
Bulding Knowledge of Field
·         Peserta didik menyaksikan tayangan sebuah video pidato kampanye pilpres 2019.
·         Peserta didik dan pendidik melakukan tanya jawab terkait tayangan video pidato kampanye pilpres 2019.
·         Peserta didik menyimpulkan definisi pidato persuasif berdasarkan poin-poin yang mereka kemukakan sendiri terkait tayangan video yang diputarkan.

Modelling of Text
·         Peserta didik kembali meyaksikan sebuah pidato persuasif sebagai bentuk representasi definisi yang telah dirumuskan bersama.
·         Peserta didik mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh pendidik.

Join Construction of Text
·         Peserta didik mencermati sebuah mind mapping tentang tiga cara menyampaikan pidato persuasif.
·         Peserta didik diminta membuatkan power point tentang materi cara menyampaikan pidato persuasive. Satu kelompok mengerjakan 1 dari tiga cara menyampaikan pidato persuasive.
·         Power point terdiri atas. Judul, deskripsi materi, contoh kutipan teks/contoh video pidato singkat.
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelompok yang lain.
·         Kelompok yang lainnya memberikan tanggapan.

Independent Construction of Text
·         Siswa mengerjakan lembar kerja individu.

·    Literasi audio visual

·    Critical Thinking





·    Literasi Audio Visual
·    Mandiri


·    Literasi Teks

·    Colaboration





·    Communicative


·    Mandiri
·    Tanggung jawab

90 Menit
Penutup
·         Peserta didik dan pendidik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Pendidik melakukan refleksi pembelajaran.
·         Peserta didik dan pendidik melakukan beres-beres.
·         Peserta didik dan pendidik menutup pembelajaran dengan doa bersama.

·         HOTS


·         Gotong royong

·         Religiusitas
15 Menit

Pendahuluan
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
·         Peserta didik diminta mempersiapkan kelas (Tepuk PPK dan Salam PPK)
·         Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
·         Apersepsi peserta didik melalui pemaparan tujuan pembelajaran
·     PPK

·     Religiusitas

·     HOTS
15 Menit
Inti
Independent Construction of Text
·         Peserta didik membahas hasil tugas individu yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
·         Peserta didik duduk kembali Bersama kelompoknya.

Modelling of Text
·         Peserta didik menyaksikan sebuah tayangan video.
·         Pendidik dan peserta didik bertanya jawab terkait  isi pidato.
·         Pendidik menjelaskan langkah-langkah menyimpulkan isi pidato.


Join Construction of Text
·         Peserta didik secara berkelompok mengerjakan lembar kerja.
·         Peserta didik membacakan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Pendidik menyimpulkan dan memberikan masukan.

Independent Construction of Text
·         Peserta didik mengerjakan lembar kerja individu menyimpulkan pokok-pokok isi pidato.
·    Tanggung jawab


·    Literasi audio visual

·    HOTS
·    Colaboration
·    Gotong royong
·    Communcation

·    Critical Thinking



·    Gotong royong
·    Communicative

·    Tanggung jawab



·    Mandiri
90 Menit
Penutup
·         Peserta didik dan pendidik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Pendidik memberikan refleksi pada siswa berupa penguatan
·         Peserta didik dan pendidik melakukan beres-beres.
·         Peserta didik dan pendidik menutup pembelajaran dengan doa bersama.
·         HOTS
·         Motivasi


·         Gotong royong
·         Religiusitas
15 Menit


G.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.       Kompetensi Keagamaan dan Sosial
a.       Teknik penilaian       :      observasi/ pengamatan
b.       Bentuk                      :      catatan hasil observasi
c.       Instrumen                 :      jurnal (terlampir)
2.       Kompetensi Pengetahuan
a.          Teknik penilaian        :    tes tulis dan tes penugasan
b.         Bentuk Penilaian        :    tugas individu dan tugas kelompok.
c.          Instrumen penilaian    :    lembar kerja. (terlampir)
3.       Kompetensi Keterampilan
a.       Teknik penilaian            tes penugasan
b.      Bentuk                            tugas tertulis.
c.       Instrumen penilaian :       lembar kerja (terlampir)
4.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.       Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5.       Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Peserta didik yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b.      Peserta didik yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Makassar, 15 September 2019

(Nuraeni, S.Pd.)                                                                                  (Muh.Nurholis, S.Pd.)
NIK.123/SIA.123                                                                               NIK.477/SIA.461
Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan   :    SMP Islam Athirah Bone
Tahun Pelajaran                :    2018/2019
Kelas/Semester                   :    IX/ 1
Mata Pelajaran                    :    Bahasa Indonesia

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
TINDAK LANJUT
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11









INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Nama Satuan pendidikan   :    SMP Islam Athirah Bone
Tahun Pelajaran                :    2018/2019
Kelas/Semester                   :    IX/ 1
Mata Pelajaran                    :    Bahasa Indonesia

1.      Mengidentifikasi isi dan menyimpulkan tujuan pidato persuasi
Saksikan video yang diputarkan oleh gurumu, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1)      Siapa tokoh yang berpidato?
2)      Dari partai mana ia berasal?
3)      Untuk apa ia berpidato?
4)      Apakah dalam pidatonya ia mengajak pemilih untuk memilihnya?
5)      Bagaimana bunyi kalimat yang menunjukkan bahwa sang tokoh diminta untuk dipilih?
6)      Alasan apa saja yang ia kemukakan agar orang memilihnya?
7)      Apakah pidatonya termasuk pidato persuasi?
8)      Apa arti kata “persuasi”?
9)      Menurutmu, apa pengertian pidato persuasi?
10)  Apa tujuan dari sebuah pidato persuasi?
Rubrik penilaian berkelompok!
Pertanyaan No.
Rentang Nilai
1
1 -5
2
1 -5
3
1 -10
4
1 - 5
5
1 - 10
6
1 - 20
7
1 - 5
8
1 - 10
9
1 - 15
10
1 - 15
Total
10 - 100

2.      Memahami Tiga Cara Menyampaikan Pidato Persuasif
a.       Buatlah mind mapping yang dapat memandumu untuk menjelaskan salah satu dari tiga jenis cara menyampaikan pidato persuasi pendengar!
b.      Lengkapi mind mappingmu dengan contoh ungkapan berdasarkan etika, emosi, atau logika!
c.       Presentasikan isi mind mappingmu di depan guru dan teman-temanmu!

Rubrik Penilaian
No
Keterangan
Skor Maksimal
1
Mind Mapping memuat penjelasan lengkap dan dapat dipahami siswa
30
2
Mind Mapping bersifat interaktif dan efisien dalam penggunaannya pada power point
20
3
Mind Mapping disertai dengan contoh dan memiliki tampilan yang menarik
20
4
Penyajian Mind Mapping dipresentasikan secara efektif dan komunikatif
30

Total Nilai
100




INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Nama Satuan pendidikan   :    SMP Islam Athirah Bone
Tahun Pelajaran                :    2018/2019
Kelas/Semester                   :    IX/ 1
Mata Pelajaran                    :    Bahasa Indonesia

3.      Menyimpulkan Pidato Persuasi
Perhatikan video pidato Severn Suzuki yang diputarkan oleh gurumu. Setelah itu, isilah format berikut ini, sebagai latihan menangkap isi pidato.

Tema Pidato                                  :      …………………………………….
Pembicara                                      :      …………………………………….
Bentuk Sapaan yang digunakan    :      …………………………………….
Kata penutup yang digunakan       :      …………………………………….

Rangkuman
Pendahuluan                                  :      …………………………………….
Isi                                                   :      …………………………………….
Penutup                                         :      …………………………………….

Rubrik Penilaian
No
Aspek
Skor Maksimal
1
Menentukan Tema Pidato
10
2
Mengidentifikasi pembicara
5
3
Menuliskan bentuk sapaan yang digunakan
5
4
Menuliskan kalimat penutup yang digunakan
5
5
Menuliskan dengan tepat pokok isi pendahuluan
10
6
Menuliskan dengan tepat pokok isi  pidato
20
7
Menuliskan dengan tepat pokok isi penutup
15
8
Menuliskan dengan tepat kesimpulan umum isi pidato
30

Total Nilai Maksimal
100




4.      Rencana Tindak Lanjut Hasil Penilaian (Remedial dan Pengayaan)
Kerjakan soal-soal berikut!
1.      Perhatikan teks pidato berikut ini!

Generasi Emas Generasi Sehat Tanpa Narkoba

Zaman telah berubah, pergaulan semakin tak terjangkau, tidak terbatasi ruang dan waktu. Bermodalkan kuota 2 GB apapun bisa kita ketahui begitu kata Ustadz Abdul Somad. Dunia seolah ada dalam genggaman kita, namun dengan seiring meningkatnya teknologi yang ada maka semakin banyak pula permasalahan-permasalahan yang terjadi, salah satunya yang menjadi pusat perhatian adalah Kasus Penyalahgunaan Narkotika.
Narkoba dilarang di Indonesia karena memiliki dampak yang negatif atau buruk bagi kesehatan manusia. Selain itu, menggunakan narkoba selain disamping dapat merugikan diri sendiri juga dapat merugikan orang lain. Dianggap merugikan karena perilaku atau psikologis pemakai atau pecandu menjadi tidak normal dan dapat menganggu serta melukai orang lain.
Dari data hasil survey 17 provinsi jumlah pengguna Narkoba di Indonesia saat ini mencapai 6,4 Juta orang dan 27,32 persennya adalah mahasiswa dan pelajar.Banyaknya jumlah pengguna narkoba ini tentu saja akan menjadi permasalahan serius jika penanganannya masih bersifat konvensional. Diperlukan lompatan-lompatan dan juga terobosan untuk mengurangi jumlah pecandu narkoba daripada hanya sekedar mengadakan penyuluhan maupun penyampaian pesan melalui iklan layanan masyarakat.
Mungkin sebahagian dari kita belum menyadari bahwa fenomena meningkatnya angka kejahatan narkoba, meningkatnya jumlah penyalahguna narkoba bahkan jumlah korban yang berjatuhan karena narkoba diakibatkan juga oleh sikap tak peduli dan masa bodoh  kita sebagai masyarakat. Hal itu mungkin disebabkan karena kita merasa itu bukan urusan kita tetapi merupakan tugas dari Pemerintah. Atau mungkin juga dikarenakan belum ada kejadian menyedihkan dan tragis yang kita atau keluarga kita alami karena narkoba itu sendiri.
Lalu,apa penyebab generasi muda mengonsumsi narkoba?
Banyak penyebab para generasi muda mengonsumsi narkoba yaitu kurangnya kasih sayang dari kedua orang tua, pergaulan bebas, dan pengaruh lingkungan. Pengaruh yang sangat kuat adalah dari lingkungan dan pergaulan teman dekat karena pada umumnya remaja selalu ingin diakui keberadaannya dalam suatu lingkungan atau kelompok tertentu.  Pertanyaan kedua, mengapa dikalangan mahasiswa ataupun pelajar rentan tergoda dengan hal negatif seperti narkoba? Karena pada masa remaja rasa ingintahu dan selalu ingin  mencoba hal-hal yang baru semakin tinggi.
Kita semua memiliki harapan yang besar terhadap generasi muda bisa benar-benar menjadi generasi emas  dan membawa kemajuan serta kejayaan bagi Indonesia tepat. Lali, apa upaya kita agar generasi muda, tidak terjerumus narkoba? Pertama, pendidikan dalam keluarga adalah usaha yang paling utama dalam menjalankan pola hidup sehat tanpa narkoba. Orang tua menjadi orang yang paling penting dalam menentukan kepribadian anak selain lingkungan sekitar. Kedua, yaitu pihak sekolah yang memiliki kewajiban moral untuk memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didiknya akan bahaya narkoba, selain itu, kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler akan sangat membantu peserta didik dalam menyalurkan energinya dan dalam waktu bersamaan menjauhkan mereka dari Narkoba. Dan ketiga yaitu dari pribadi kita sendiri yaitu menghindari pergaulan bebas, senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dan selalu melakukan hal-hal positif.
Oleh karena itu untuk menciptakan Generasi emas, dibutuhan kerjasama yan baik dari orang tua, sekolah maupun dari diri kita sendiri agar kita semua, generasi penerus bangsa terhindar dari Narkoba. Mari Kita Wujudkan Generasi Emas, Generasi Sehat Tanpa Narkoba.
Jelaskan pesan dari pidato di atas!
2.      Apakah tujuan pidato persuasi?
3.      Jelaskan alasanmu, mengapa kampanye dalam pemilihan ketua OSIS termasuk dalam pidato persuasi?
4.      Buatlah lima kalimat persuasif tentang keanekaragaman budaya!
5.      Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon!

Rubrik Penilaian
No Soal
Aspek
Skor Maksimal
1
Menuliskan dengan tepat pesan dari pidato
15
2
Menuliskan dengan tepat tujuan pidato
15
3
Menuliskan dengan tepat alasan mengapa kampanye dalam pemilihan ketua OSIS termasuk dalam pidato persuasi
20
4
Menuliskan dengan tepat  lima kalimat persuasif tentang keanekaragaman budaya
20
5
Menuliskan dengan tepat ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon
30

Total Nilai Maksimal
100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar