1. Perbedaan
teks diskusi dan teks tanggapan adalah….
A. Struktur
teks diskusi : evaluasi, deskripsi, penegasan ulang
Struktur teks tanggapan: masalah,
argument pro dan kontra, dan simpulan
B. Struktur
teks diskusi: masalah, argument pro dan kontra, dan simpulan
Struktur teks tanggapan: evaluasi,
deskripsi, penegasan ulang
C. Struktur
teks diskusi: pernyataan pendapat, argument, penegasan ulang
Struktur teks tanggapan:
identifikasi, deskripsi, simpulan
D. Struktur
teks diskusi: identifikasi, deskripsi, simpulan
Struktur teks tanggapan: pernyataan
pendapar, argument, penegasan ulang
2. Tema
yang diangkat menjadi objek teks diskusi sebaiknya….
A. Tema
yang disukai
B. Tema
yang menjadi headline media massa
C. Tema
yang mengandung pendapat pro dan kontra
D. Tema
yang banyak dipilih kelompok
3. Bacalah
teks berikut:
Selama
ini kopi identic dengan kandungan kafeinnya, padahal sesungguhnya kopi
merupakan minuman yang kompleks dengan kandungan zat aktif lainnya. Terdapat
lebih dari serratus kandungan kandungan zat aktif kopi yang dapat memberikan
efek baik pada sejumlah problem kesehatan tertentu, sementara kandungan lainnya
memberikan efek yang mungkin buruj pada problem kesehatan lainnya.
Paragraf tersebut merupakan kutipan
struktur teks diskusi, yaitu bagian….
A. Isu/masalah
B. Argument
pro
C. Argument
kontra
D. Simpulan
4. Simak
kutipan teks berikut!
Banyak yang mendukung keputusan
pemerintah itu, namun banyak juga yang menentang. Mereka yang mendukung
beralasan penerbangan murah itu yang membuat masyarakat Indonesia lebih
cenderung bertamasya ke negara tetangga. Padahal banyak obyek wisata indah di
Indonesia, hanya memang masih kurang dipromosikan oleh pemerintah.
Kutipan teks tersebut merupakan
bagian ....
A. Isu
B. Argumen
Pro
C. Argumen
Kontra
D. Simpulan/Saran
5. Bacalah
teks berikut ini!
Penelitian
dalam 10 tahun terakhir ini telah menunjukkan manfaat kopi dalam mencegah
diabetes tipe II, Parkinson, dan kanker hati. Sebagai contoh, hubungan antara
konsumsi kopi dengan Diabetes Melitus tipe II telah dievaluasi dalam 25
penelitian cohort yang dikerjakan di Amerika, eropa, dan Asia. Hasil dari
penelitian-penelitian ini menunjukkan konsumsi kopi dapat menurunkan risiko
diabetes. Menariknya, manfaat ini ditemukan pada konsumsi kopi berkafein dan
tidak berkafeina sehingga diduga ada kandungan lain kopi yang bermanfaat untuk
mencegah diabetes.
Data yang digunakan untuk mendukung
argument pada paragraf di atas berupa….
A. Hasl
penelitian
B. Hasil
wawancara
C. Pengalama pribadi penulis
D. Kutipan
pendapat
6. Bacalah
kutipan teks berikut!
Batasan
mengonsuimsi kopi juga perlu dilihat dari intake kalori yang kita peroleh dari
segelas kopi. Hati-hati mengonsumsi kopi tinggi kalori yang saat ini semakin popular,
Mocha Frappachino Starbucks (24 ons) yang disajikan bersama whipped cream.
Dalam satu sajian kopi sudah mengandung sebanyak 500 kal, atau setara dengan
seperempat kebutuhan harian rata-rata sebesar 2000 kal. Kelebihan kalori ini
dapat menimbulkan risiko peningkatan berat badan dan kemungkinan terkena
diabetes tipe II. Jadi, boleh mengonsumsi kopi, tapi dalam batas yang wajar
jangan sampai berlebihan. Seyogyanya, kita harus mengutamakan kesehatan tubuh
terlebih dahulu daripada sekadar kenikmatan sementara.
Hal yang disarankan ketika
mengonsumsi kopi berdasarkan kutipan paragraf di atas adalah….
A. Menghindari
minum kpi merek tertentu
B. Menghindari
minum kopi hitam
C. Menghindari
minum kopi dengan gula
D. Membatasi
minum kopi tinggi kalori.
7. Perhatikan kutipan teks diskusi di bawah
ini!
Anak-anaklah pengonsumsi utama dari makanan berbahaya tersebut.
Mereka setiap hari makan makanan yang mengandung pewarna tekstil. Itulah yang menjadi dasar harusnya
pedagang asongan ditertibkan di lingkungan sekolah melalui pendataan dan
pengarahan.
Kata tanya yang jawabannya berada pada kalimat dalam teks di atas adalah ....
A. Apa yang menyebabkan anak-anak keracunan
B. Siapakah yang menertibkan para pedagangan asongan?
C. Apakah
warna makanan berbahaya tersebut?
D. Mengapa
pedagang asongan harus ditertibkan?
8. Perhatikan strukur isu dari teks diskusi berikut!
PR yang merupakan kependekan dari pekerjaan rumah,
merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di telinga anak sekolah. Ada banyak
diskusi mengenai apakah anak harus diberikan PR attau tidak. Suddah cukup atau
belum waku belajar di sekolah. Apakah anak perlu belajar tambahan di rumah
setelah belajar yang cukup banyak di
sekolah? Atau belajar tambahan berupa PR
justru tidak perlu diberikan karena menyita waktu belajar.
Argumen
setuju yang sesuai dan logis dengan teks isu di atas adalah ....
A.
Saya
setuju dengan pelarangan penggunaan kendaraan bermotor itu, karena membahayakan siswa.
B.
Saya
tidak setuju dengan pemberian PR kepada anak sekolah, karena menyita waktu
bermain.
C.
Saya
setuju dengan pemberian PR, asalkan dikerjakan oleh orang tua.
D.
Saya
setuju dengan pemberian PR, tetapi harus sesuai dengan kemampuan dari segi
materi dan waktu pengerjaan.
9. Perhatikan kutipan teks di bawah ini.
Masyarakat internasinal memiliki perhatian yang besar
tentang hal ini. Pada tahun 2015 hingga sekarang, pembangunan stasiun tenaga
nuklir masih tetap menjadi hal yang problematik dan ramai dibicarakan. Melalui
pemaparan tersebut, pendapat apa yang dapat Anda kemukakan?
Kutipan
teks di atas merupakan kesimpulan yang bersifat ....
A.
Memberikan
jalan keluar
B.
Memberikan
solusi
C.
Merumuskan
dua pendapat
D.
Membuka
lebar pembaca untuk memberikan usul atau komentar
10. Bacalah
kutipan teks berikut!
Dari
segi sosial dan geografis, daerah pelosok tampaknya belum cocok menjalankan
full day school. Mayoritas orang tua siswa yang bermata pencaharian sebagai
petani, nelayan, buruh, dan sebagainya. Nah, orang tua pun membutuhkan anaknya
untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan sepulang sekolah. Misalnya,
bercocok tanam, menjahit, menjaga adik, dan sebagainya. Membantu ini juga
merupakan sebagian dari Pendidikan karakter dan meningkatkan kemampuan anak di
rumah. Berbeda dengan orang tua di perkotaan yang sebagian besar adalah pekerja
kantoran. Kemungkinan jarang bertemu dan berinteraksi dengan anak secara
langsung akibat kesibukan sangat besar.
Gagasan utama paragraf di atas
adalah…
A. Daerah
pelosok belum cocok menjalankan full day school.
B. Mayoritas
orang tua siswa di desa bermata pencaharian sebagai petani, nelayan, dan buruh.
C. Anak-anak
dibutuhkan orang tua untuk membantu mereka sepulang sekolah.
D. Kondisi
sosial geografis daerah pedesaan berbeda dengan kondisi daerah perkotaan.
11. Bacalah
teks berikut!
Namun,
rencana ini juga menuai berbagai respons. Sebagian pihak yang kurang setuju
berargumen bahwa tingkat konsentrasi setiap anak berbeda-beda. Bisa dikatakan,
jenjang SD masih tergolong anak-anak yang mudah bosan. Selain itu, jika dilihat
dari segi fisik juga kurang baik untuk kesehatan. Siswa masih butuh istirahat
yang cukup di rumah agar konsentrasi yang lebih maksimal.
Sarana kohesi yang digunakan untuk
memadukan gagasan pada paragraf di atas berupa konjungsi….
A. Namun
B. Bisa
dikatakan
C. Selain
itu
D. Agar
12. Jika
ingin mengkonsumsi the yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5
cangkir ukuran 200 ml setiap hari.
Konjungsi jika pada kalimat di atas
menyatakan makna….
A. Sebab-akibat
B. Akibat-sebab
C. Perbandingan
D. Syarat
13. Zat
kafein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit jika
tidak mengonsumsinya.
Kata tugas pada kalimat di atas
berbentuk….
A. Kata
depan
B. Kata
sambung
C. Kata
sandang
D. Kata
seru
14. Topik
diskusi yang berkaitan dengan tema pendidikan adalah sebagai berikut, kecuali…
A. Boleh
tidak pelajar membawa HP ke sekolah?
B. Perlukah
dilakukan ujian nasional untuk menentukan kelulusan siswa?
C. Pro-kontra
hukuman fisik kepada siswa.
D. Pembangunan
tempat pembuangan akhir di tengah kota: setujua atau tidak?
15. Teks
cerita inspiratif merupakan bagian dari genre teks….
A. Narasi
B. Deskripsi
C. Eksposisi
D. Persuasi
16. Pada
teks cerita inspiratif mengandung ungkapan berikut, kecuali….
A. Simpati
B. Empati
C. Kepedulian
D. Kebencian
17. Susunan
kata yang menjadi dorongan bagi seseorang untuk keluar dari permasalahan
disebut kalimat….
A.
Simpati
B.
Empati
C.
Motivasi
D.
Kepedulian
18. Usaha
keras Nova membuahkan hasil manis. Tidak hanya mampu menggapai impian, Nova
juga membuktikan bahwa cita-cita bisa diwujudkan. Pria yang juga hobi bermain music ini mengaku bahwa kuliah
kedokteran bukanlah hal yang mudah. Tapi Nova terus berusaha karena sekolahnya
adalah amanah dari ayahnya. Nova percaya bahwa segala kesulitan bisa
diselesaikan asal mau berusaha.
Dalam kutipan di atas terkandung
kalimat motivasi, yaitu…
A. Usaha
keras Nova membuahkan hasil manis.
B. Tidak
hanya mampu menggapai impian, tapi membuktikan bahwa cita-cita bisa diwujudkan.
C. Sekolahnya
adalah amanah dari ayahnya.
D. Segala
kesulitan bisa diselesaikan asalkan mau berusaha.
19. Bagian
yang membicarakan permasalahan pada teks cerita inspiratif adalah….
A. Abstrak
B. Orientasi
C. Komplikasi
D. Evaluasi
20. Setelah
bangkit dari keterpurukan, justru membuat Pakde mendapatkan segudang pengalaman
dan prestasi yang sukar diraih orang normal sekalipun.
Dalam struktur teks cerita
inspiratif, kutipan di atas merupakan bagian dari struktur….
A. Abstrak
B. Orientasi
C. Komplikasi
D. Evaluasi
21. Mahendra
bertemu dengan Bu Yenni di jalan yang tampak membawa barang berat. Mahendra
lalu membantu Bu Yenni membawakan sebagian barang bawaannya.
Hal yang dilakukan Mahendra merupakan
bentuk sikap….
A. Empati
B. Simpati
C. Kepedulian
D. Memotivasi
22. Perhatikan
kutipan cerita berikut!
Saat itu, sang Pemuda baik hati
membawa Raisa ke rumahnya yang besar dan megah.
“Sudilah kiranya dinda singgah
sejenak di gubukku yang tidak ada apa-apanya ini,” ujarnya sambal membungkukkan
badan.
Kutipan cerita tersebut memuat
majas….
A. Hiperbola
B. Personifikasi
C. Metafora
D. Litotes
23. Semua
persoalan dapat dihadapi asalkan kita memiliki api semangat untuk tidak
menyerah.
Gaya bahasa yang digunakan pada
kalimat motivasi tersebut adalah….
A. Metafora
B. Personifikasi
C. Simile
D. Alergori
24. Sekilas
memang tidak ada yang luar biasa dari Pakde jika dibandingkan dengan tantara
yang lain. Tubuhnya kekar dibalut dengan kulit yang hitam legam. Pekerjaannya
sebagai epala Gudang di Pusat Rehabilitasi
Cacat Bintaro telah membentuk otot-otot tubuhnya menjadi begitu kuat. Wibawa
seorang tantara tergurat di raut wajahnya.
Gambaran fisik Pakde dalam kutipan
tersebut adalah sebagai berikut, kecuali….
A. Memiliki
kulit hitam
B. Memiliki
badan kekar
C. Memiliki
pekerjaan sebagai kepala gudang
D. Memiliki
wajah yang berwibawa
25. Hati
pria itu terperanjat ketika gadis cantik itu ternyata mengajaknya ke sebuah kompleks pemakaman umum.
Kalimat tersebut mengungkapkan
ekspresi….
A. Ketertarikan
B. Keterkejutan
C. Keheranan
D. Ketakutan
Kutipan cerita berikut untuk menjawab soal
nomor 26 sampai dengan 29.
Di sebuah pesantren
seorang ustaz memiliki burung sejenis Beo yang terlatih untuk berzikir seperti:
Assalamualaikum, subhanallah, alhamdulillah, Allahu akbar. Suatu hari pintu
kurungan terbuka lalu burung itu terbang bebas. Sontak para santri mengejar
burung milik guru mereka. Sementara itu, si burung terbang tidak terkontrol.
Burung itu tertabrak kendaraan yang melintas dengan kencang hingga terkapar
lalu mati.
Sang ustaz terlihat
berbeda usai burungnya mati. Ia sangat sedih hingga seminggu lamanya. Para
santri yang melihatnya pun mengira ustaz sedih karena burungnya mati. Mereka
berkata,
“Ustaz, jika hanya burung
yang membuat ustaz sedih, kami sanggup menggantinya dengan berzikir juga. Tak
perlu ustaz murung hingga sedemikian lamanya.”
Sang ustaz menjawab, “Aku
tidak bersedih karena burung itu.”
“lantas ustaz?” tanya
para santri.
“Kalian melihat bagaimana
burung itu sekarat setelah tertabrak?” jawab Ustaz.
“Ya, kami melihatnya,”
kata para santri.
“Burung itu hanya berkata
KKKAAAAKK, KKKHHEEEK, KKKKAAAAAK, KKHEEEKK, padahal sudah terlatih berzikir
sedemikian rupa. Saat merasakan perihnya sakaratul maut menjemput, hanya perih
yang terasa,” kata Ustaz.
Lalu aku teringat diriku,
yang setiap hari terbiasa berzikir. Jangan-jangan nasibku sama seperti burung
itu. Tak kuat menahan sekarat lalu bukan zikir yang kuucapkan. Padahal, burung
itu tidak diganggu setan saat sakaratul maut, sedangkan manusia diganggu setan
saat sakaratul maut. Tidak ada yang tahu bagaimana keadaan kita mati, husnul
khatimah ataukah su’ul khatimah?”
Para santri pun terdiam
dan membenarkan sang ustaz. Mereka pun ikut murung memikirkan kejadian yang
dialami oleh ustaz. Bagaimana keadaan kita saat menjemput sakaratul maut nanti?
Ajal tidak akan pernah menunggu kita bertobat.
26. Cerita
inspirasi tersebut termasuk jenis….
A. Sufi
B. Fiksi
C. Binatang
D. Tokoh
terkenal
27. Tokoh
ustaz dalam kutipan cerita inspirasi tersebut memiliki watak….
A. Bijaksana
B. Baik
hati
C. Religius
D. Sayang
28. Tema
kutipan cerita inspiratif tersebut adalah….
A. Kesedihan
seorang ustaz
B. Pendekatan
diri kepada Tuhan
C. Pencerahan
ustaz kepada santrinya
D. Kebahagiaan
santri memiliki ustaz baik
29. Sikap
tokoh yang dapat diteladani dari kutipan cerita inspirasi tersebut adalah….
A. Ustaz
yang sayang dan peduli dengan nasib burung beo di pondok pesantren.
B. Santri-santri
yang siap menggantikan posisi burung beo agar ustaz Bahagia.
C. Ustaz
mendekatkan diri kepada Tuhan sebagai pengingat hari kematian.
D. Santri
menuruti perintah ustaz yang mengajak mereka untuk selalu berdoa.
30. Konflik
yang terjadi dalam cerita inspirasi tersebut adalah…
A. Si
burung beo milik ustaz terbang bebas
B. Si
burung beo mengalami sakaratul maut
C. Si
burung beo tertabrak kendaraan yang melintas
D. Sang
ustaz murung berhari-hari
Soal Esai
Kutipan teks diskusi berikut untuk
menjawab soal nomor 31 dan 32.
Sebagian besar sekolah di
Indonesia, terutama di jenjang SD dan SMP melarang siswanya membawa telepon
seluler. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tidak sedikit sekolah yang
memperbolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan.
Sebagian orang berpendapat bahwa membawa telepon seluler ke sekolah adalah
perbuatan yang diperbolehkan. Akan tetapi, banyak juga yang berpendapat bahwa
membawa telepon seluler ke sekolah seharusnya tidak diperbolehkan. Dengan
perbedaan pendapat ini, pelanggaran siswa membawa telepon seluler ke sekolah
menuai perdebatan.
31. Tuliskan
gagasan pokok dalam kutipan teks diskusi tersebut!
32. Tuliskan
kalimat yang menunjukkan dukungan (pro) dan kalimat yang menunjukkan
ketidaksetujuan (kontra) dalam kutipan teks diskusi tersebut!
Perhatikan cerita inspirasi berikut untuk
menjawab soal nomor 3 sampai dengan nomor 5!
Seorang ibu bertanya
kepada anaknya yang berusia 5 tahun, “Kalau mama dan kamu sedang pergi bermain
bersama, lalu kita kehausan tapi tidak ada air, dan kebetulan di dalam tas
kecil kamu ada 2 buah apel, apa yang kamu akan lakukan?”
Si anak berpikir sejenak,
lalu menjawab mantap, “Saya akan menggigit kedua apel tersebut.”
Mendengar jawaban si
anak, ibunya pun kecewa. Awalnya ia berpikir untuk segera mengajarkan anaknya
mengenai apa yang seharusnya dilakukan, namun sang ibu terdiam dan mencoba
bersabar.
Kemudian sang ibu berkata
lembut sambil membelai sayang kepala anaknya, “Bisakah kamu beritahu mama
alasan, kenapa kamu melakukan itu?”
Si anak pun menjawab dengan
lugu, sambil matanya berbinar cerah. “Karena…. karena saya mau memberikan apel
yang lebih manis kepada mama.”
Begitu mendengarnya, hati
sang ibu pun tersentuh. Tanpa terasa, air mata haru pun jatuh membasahi
pipinya.
Terkadang, dalam keluarga
dekat/harmonis pun, bisa muncul kesalahpahaman. Untuk itu, yang kita perlukan
adalah kesabaran dan kemauan untuk mendengar secara tuntas penjelasan dari
orang-orang yang kita kasihi.
33. Tuliskan
empati yang dilakukan oleh tokoh utama cerita inspirasi tersebut!
34. Tuliskan
pesan yang ingin disampaikan penulis dalam cerita tersebut!
35. Tuliskan
kembali cerita inspirasi yang pernah kalian susun sebelumnya dalam bentuk
ringkasan.
𝙈𝙖𝙣𝙖 𝙠𝙪𝙣𝙘𝙞 𝙟𝙖𝙬𝙖𝙗𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖
BalasHapusJawab mana
BalasHapusGada jawabannya dahlah
BalasHapus