Rabu, 11 Maret 2020

Soal Penilaian Tengah Semester II Kelas IX Bahasa Indonesia




1.      Perbedaan teks diskusi dan teks tanggapan adalah….
A.    Struktur teks diskusi : evaluasi, deskripsi, penegasan ulang
Struktur teks tanggapan: masalah, argument pro dan kontra, dan simpulan
B.     Struktur teks diskusi: masalah, argument pro dan kontra, dan simpulan
Struktur teks tanggapan: evaluasi, deskripsi, penegasan ulang
C.     Struktur teks diskusi: pernyataan pendapat, argument, penegasan ulang
Struktur teks tanggapan: identifikasi, deskripsi, simpulan
D.    Struktur teks diskusi: identifikasi, deskripsi, simpulan
Struktur teks tanggapan: pernyataan pendapar, argument, penegasan ulang

2.      Tema yang diangkat menjadi objek teks diskusi sebaiknya….
A.    Tema yang disukai
B.     Tema yang menjadi headline media massa
C.     Tema yang mengandung pendapat pro dan kontra
D.    Tema yang banyak dipilih kelompok


3.      Bacalah teks berikut:
Selama ini kopi identic dengan kandungan kafeinnya, padahal sesungguhnya kopi merupakan minuman yang kompleks dengan kandungan zat aktif lainnya. Terdapat lebih dari serratus kandungan kandungan zat aktif kopi yang dapat memberikan efek baik pada sejumlah problem kesehatan tertentu, sementara kandungan lainnya memberikan efek yang mungkin buruj pada problem kesehatan lainnya.
Paragraf tersebut merupakan kutipan struktur teks diskusi, yaitu bagian….
A.    Isu/masalah
B.     Argument pro
C.     Argument kontra
D.    Simpulan

4.      Simak kutipan teks berikut!
Banyak yang mendukung keputusan pemerintah itu, namun banyak juga yang menentang. Mereka yang mendukung beralasan penerbangan murah itu yang membuat masyarakat Indonesia lebih cenderung bertamasya ke negara tetangga. Padahal banyak obyek wisata indah di Indonesia, hanya memang masih kurang dipromosikan oleh pemerintah.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A.    Isu
B.     Argumen Pro
C.     Argumen Kontra
D.    Simpulan/Saran

5.      Bacalah teks berikut ini!
Penelitian dalam 10 tahun terakhir ini telah menunjukkan manfaat kopi dalam mencegah diabetes tipe II, Parkinson, dan kanker hati. Sebagai contoh, hubungan antara konsumsi kopi dengan Diabetes Melitus tipe II telah dievaluasi dalam 25 penelitian cohort yang dikerjakan di Amerika, eropa, dan Asia. Hasil dari penelitian-penelitian ini menunjukkan konsumsi kopi dapat menurunkan risiko diabetes. Menariknya, manfaat ini ditemukan pada konsumsi kopi berkafein dan tidak berkafeina sehingga diduga ada kandungan lain kopi yang bermanfaat untuk mencegah diabetes.
Data yang digunakan untuk mendukung argument pada paragraf di atas berupa….
A.    Hasl penelitian
B.     Hasil wawancara
C.     Pengalama  pribadi penulis
D.    Kutipan pendapat

6.      Bacalah kutipan teks berikut!
Batasan mengonsuimsi kopi juga perlu dilihat dari intake kalori yang kita peroleh dari segelas kopi. Hati-hati mengonsumsi kopi tinggi kalori yang saat ini semakin popular, Mocha Frappachino Starbucks (24 ons) yang disajikan bersama whipped cream. Dalam satu sajian kopi sudah mengandung sebanyak 500 kal, atau setara dengan seperempat kebutuhan harian rata-rata sebesar 2000 kal. Kelebihan kalori ini dapat menimbulkan risiko peningkatan berat badan dan kemungkinan terkena diabetes tipe II. Jadi, boleh mengonsumsi kopi, tapi dalam batas yang wajar jangan sampai berlebihan. Seyogyanya, kita harus mengutamakan kesehatan tubuh terlebih dahulu daripada sekadar kenikmatan sementara.
Hal yang disarankan ketika mengonsumsi kopi berdasarkan kutipan paragraf di atas adalah….
A.    Menghindari minum kpi merek tertentu
B.     Menghindari minum kopi hitam
C.     Menghindari minum kopi dengan gula
D.    Membatasi minum kopi tinggi kalori.

7.      Perhatikan kutipan teks diskusi di bawah ini!
Anak-anaklah pengonsumsi utama dari makanan berbahaya tersebut. Mereka setiap hari makan makanan yang mengandung pewarna tekstil. Itulah yang menjadi dasar harusnya pedagang asongan ditertibkan di lingkungan sekolah melalui pendataan dan pengarahan.
Kata tanya yang jawabannya berada pada kalimat dalam teks di atas adalah ....
A.    Apa yang menyebabkan anak-anak keracunan
B.     Siapakah yang menertibkan para pedagangan asongan?
C.     Apakah warna makanan berbahaya tersebut?
D.    Mengapa pedagang asongan harus ditertibkan?

8.      Perhatikan strukur isu dari teks diskusi  berikut!
PR yang merupakan kependekan dari pekerjaan rumah, merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di telinga anak sekolah. Ada banyak diskusi mengenai apakah anak harus diberikan PR attau tidak. Suddah cukup atau belum waku belajar di sekolah. Apakah anak perlu belajar tambahan di rumah setelah  belajar yang cukup banyak di sekolah?  Atau belajar tambahan berupa PR justru tidak perlu diberikan karena menyita waktu belajar.
Argumen setuju yang sesuai dan logis dengan teks isu di atas adalah ....
A.    Saya setuju dengan pelarangan penggunaan kendaraan bermotor itu, karena membahayakan siswa.
B.     Saya tidak setuju dengan pemberian PR kepada anak sekolah, karena menyita waktu bermain.
C.     Saya setuju dengan pemberian PR, asalkan dikerjakan oleh orang tua.
D.    Saya setuju dengan pemberian PR, tetapi harus sesuai dengan kemampuan dari segi materi dan waktu pengerjaan.

9.      Perhatikan kutipan teks di bawah ini.
Masyarakat internasinal memiliki perhatian yang besar tentang hal ini. Pada tahun 2015 hingga sekarang, pembangunan stasiun tenaga nuklir masih tetap menjadi hal yang problematik dan ramai dibicarakan. Melalui pemaparan tersebut, pendapat apa yang dapat Anda kemukakan?
Kutipan teks di atas merupakan kesimpulan yang bersifat ....
A.    Memberikan jalan keluar
B.     Memberikan solusi
C.     Merumuskan dua pendapat
D.    Membuka lebar pembaca untuk memberikan usul atau komentar

10.  Bacalah kutipan teks berikut!
Dari segi sosial dan geografis, daerah pelosok tampaknya belum cocok menjalankan full day school. Mayoritas orang tua siswa yang bermata pencaharian sebagai petani, nelayan, buruh, dan sebagainya. Nah, orang tua pun membutuhkan anaknya untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan sepulang sekolah. Misalnya, bercocok tanam, menjahit, menjaga adik, dan sebagainya. Membantu ini juga merupakan sebagian dari Pendidikan karakter dan meningkatkan kemampuan anak di rumah. Berbeda dengan orang tua di perkotaan yang sebagian besar adalah pekerja kantoran. Kemungkinan jarang bertemu dan berinteraksi dengan anak secara langsung akibat kesibukan sangat besar.
Gagasan utama paragraf di atas adalah…
A.    Daerah pelosok belum cocok menjalankan full day school.
B.     Mayoritas orang tua siswa di desa bermata pencaharian sebagai petani, nelayan, dan buruh.
C.     Anak-anak dibutuhkan orang tua untuk membantu mereka sepulang sekolah.
D.    Kondisi sosial geografis daerah pedesaan berbeda dengan kondisi daerah perkotaan.

11.  Bacalah teks berikut!
Namun, rencana ini juga menuai berbagai respons. Sebagian pihak yang kurang setuju berargumen bahwa tingkat konsentrasi setiap anak berbeda-beda. Bisa dikatakan, jenjang SD masih tergolong anak-anak yang mudah bosan. Selain itu, jika dilihat dari segi fisik juga kurang baik untuk kesehatan. Siswa masih butuh istirahat yang cukup di rumah agar konsentrasi yang lebih maksimal.
Sarana kohesi yang digunakan untuk memadukan gagasan pada paragraf di atas berupa konjungsi….
A.    Namun
B.     Bisa dikatakan
C.     Selain itu
D.    Agar

12.  Jika ingin mengkonsumsi the yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari.
Konjungsi jika pada kalimat di atas menyatakan makna….
A.    Sebab-akibat
B.     Akibat-sebab
C.     Perbandingan
D.    Syarat

13.  Zat kafein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit jika tidak mengonsumsinya.
Kata tugas pada kalimat di atas berbentuk….
A.    Kata depan
B.     Kata sambung
C.     Kata sandang
D.    Kata seru

14.  Topik diskusi yang berkaitan dengan tema pendidikan adalah sebagai berikut, kecuali…
A.    Boleh tidak pelajar membawa HP ke sekolah?
B.     Perlukah dilakukan ujian nasional untuk menentukan kelulusan siswa?
C.     Pro-kontra hukuman fisik kepada siswa.
D.    Pembangunan tempat pembuangan akhir di tengah kota: setujua atau tidak?

15.  Teks cerita inspiratif merupakan bagian dari genre teks….
A.    Narasi
B.     Deskripsi
C.     Eksposisi
D.    Persuasi

16.  Pada teks cerita inspiratif mengandung ungkapan berikut, kecuali….
A.    Simpati
B.     Empati
C.     Kepedulian
D.    Kebencian

17.  Susunan kata yang menjadi dorongan bagi seseorang untuk keluar dari permasalahan disebut kalimat….
A.    Simpati
B.     Empati
C.     Motivasi
D.    Kepedulian

18.  Usaha keras Nova membuahkan hasil manis. Tidak hanya mampu menggapai impian, Nova juga membuktikan bahwa cita-cita bisa diwujudkan. Pria yang juga  hobi bermain music ini mengaku bahwa kuliah kedokteran bukanlah hal yang mudah. Tapi Nova terus berusaha karena sekolahnya adalah amanah dari ayahnya. Nova percaya bahwa segala kesulitan bisa diselesaikan asal mau berusaha.
Dalam kutipan di atas terkandung kalimat motivasi, yaitu…
A.    Usaha keras Nova membuahkan hasil manis.
B.     Tidak hanya mampu menggapai impian, tapi membuktikan bahwa cita-cita bisa diwujudkan.
C.     Sekolahnya adalah amanah dari ayahnya.
D.    Segala kesulitan bisa diselesaikan asalkan mau berusaha.

19.  Bagian yang membicarakan permasalahan pada teks cerita inspiratif adalah….
A.    Abstrak
B.     Orientasi
C.     Komplikasi
D.    Evaluasi

20.  Setelah bangkit dari keterpurukan, justru membuat Pakde mendapatkan segudang pengalaman dan prestasi yang sukar diraih orang normal sekalipun.
Dalam struktur teks cerita inspiratif, kutipan di atas merupakan bagian dari struktur….
A.    Abstrak
B.     Orientasi
C.     Komplikasi
D.    Evaluasi

21.  Mahendra bertemu dengan Bu Yenni di jalan yang tampak membawa barang berat. Mahendra lalu membantu Bu Yenni membawakan sebagian barang bawaannya.
Hal yang dilakukan Mahendra merupakan bentuk sikap….
A.    Empati
B.     Simpati
C.     Kepedulian
D.    Memotivasi

22.  Perhatikan kutipan cerita berikut!
Saat itu, sang Pemuda baik hati membawa Raisa ke rumahnya yang besar dan megah.
“Sudilah kiranya dinda singgah sejenak di gubukku yang tidak ada apa-apanya ini,” ujarnya sambal membungkukkan badan.
Kutipan cerita tersebut memuat majas….
A.    Hiperbola
B.     Personifikasi
C.     Metafora
D.    Litotes

23.  Semua persoalan dapat dihadapi asalkan kita memiliki api semangat untuk tidak menyerah.
Gaya bahasa yang digunakan pada kalimat motivasi tersebut adalah….
A.    Metafora
B.     Personifikasi
C.     Simile
D.    Alergori

24.  Sekilas memang tidak ada yang luar biasa dari Pakde jika dibandingkan dengan tantara yang lain. Tubuhnya kekar dibalut dengan kulit yang hitam legam. Pekerjaannya sebagai epala Gudang di Pusat Rehabilitasi  Cacat Bintaro telah membentuk otot-otot tubuhnya menjadi begitu kuat. Wibawa seorang tantara tergurat di raut wajahnya.
Gambaran fisik Pakde dalam kutipan tersebut adalah sebagai berikut, kecuali….
A.    Memiliki kulit hitam
B.     Memiliki badan kekar
C.     Memiliki pekerjaan sebagai kepala gudang
D.    Memiliki wajah yang berwibawa

25.  Hati pria itu terperanjat ketika gadis cantik itu ternyata mengajaknya  ke sebuah kompleks pemakaman umum.
Kalimat tersebut mengungkapkan ekspresi….
A.    Ketertarikan
B.     Keterkejutan
C.     Keheranan
D.    Ketakutan
Kutipan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 26 sampai dengan 29.
Di sebuah pesantren seorang ustaz memiliki burung sejenis Beo yang terlatih untuk berzikir seperti: Assalamualaikum, subhanallah, alhamdulillah, Allahu akbar. Suatu hari pintu kurungan terbuka lalu burung itu terbang bebas. Sontak para santri mengejar burung milik guru mereka. Sementara itu, si burung terbang tidak terkontrol. Burung itu tertabrak kendaraan yang melintas dengan kencang hingga terkapar lalu mati.
Sang ustaz terlihat berbeda usai burungnya mati. Ia sangat sedih hingga seminggu lamanya. Para santri yang melihatnya pun mengira ustaz sedih karena burungnya mati. Mereka berkata,
“Ustaz, jika hanya burung yang membuat ustaz sedih, kami sanggup menggantinya dengan berzikir juga. Tak perlu ustaz murung hingga sedemikian lamanya.”
Sang ustaz menjawab, “Aku tidak bersedih karena burung itu.”
“lantas ustaz?” tanya para santri.
“Kalian melihat bagaimana burung itu sekarat setelah tertabrak?” jawab Ustaz.
“Ya, kami melihatnya,” kata para santri.
“Burung itu hanya berkata KKKAAAAKK, KKKHHEEEK, KKKKAAAAAK, KKHEEEKK, padahal sudah terlatih berzikir sedemikian rupa. Saat merasakan perihnya sakaratul maut menjemput, hanya perih yang terasa,” kata Ustaz.
Lalu aku teringat diriku, yang setiap hari terbiasa berzikir. Jangan-jangan nasibku sama seperti burung itu. Tak kuat menahan sekarat lalu bukan zikir yang kuucapkan. Padahal, burung itu tidak diganggu setan saat sakaratul maut, sedangkan manusia diganggu setan saat sakaratul maut. Tidak ada yang tahu bagaimana keadaan kita mati, husnul khatimah ataukah su’ul khatimah?”
Para santri pun terdiam dan membenarkan sang ustaz. Mereka pun ikut murung memikirkan kejadian yang dialami oleh ustaz. Bagaimana keadaan kita saat menjemput sakaratul maut nanti? Ajal tidak akan pernah menunggu kita bertobat.

26.  Cerita inspirasi tersebut termasuk jenis….
A.    Sufi
B.     Fiksi
C.     Binatang
D.    Tokoh terkenal

27.  Tokoh ustaz dalam kutipan cerita inspirasi tersebut memiliki watak….
A.    Bijaksana
B.     Baik hati
C.     Religius
D.    Sayang

28.  Tema kutipan cerita inspiratif tersebut adalah….
A.    Kesedihan seorang ustaz
B.     Pendekatan diri kepada Tuhan
C.     Pencerahan ustaz kepada santrinya
D.    Kebahagiaan santri memiliki ustaz baik

29.  Sikap tokoh yang dapat diteladani dari kutipan cerita inspirasi tersebut adalah….
A.    Ustaz yang sayang dan peduli dengan nasib burung beo di pondok pesantren.
B.     Santri-santri yang siap menggantikan posisi burung beo agar ustaz Bahagia.
C.     Ustaz mendekatkan diri kepada Tuhan sebagai pengingat hari kematian.
D.    Santri menuruti perintah ustaz yang mengajak mereka untuk selalu berdoa.

30.  Konflik yang terjadi dalam cerita inspirasi tersebut adalah…
A.    Si burung beo milik ustaz terbang bebas
B.     Si burung beo mengalami sakaratul maut
C.     Si burung beo tertabrak kendaraan yang melintas
D.    Sang ustaz murung berhari-hari

Soal Esai
Kutipan teks diskusi berikut untuk menjawab soal nomor 31 dan 32.
Sebagian besar sekolah di Indonesia, terutama di jenjang SD dan SMP melarang siswanya membawa telepon seluler. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tidak sedikit sekolah yang memperbolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan. Sebagian orang berpendapat bahwa membawa telepon seluler ke sekolah adalah perbuatan yang diperbolehkan. Akan tetapi, banyak juga yang berpendapat bahwa membawa telepon seluler ke sekolah seharusnya tidak diperbolehkan. Dengan perbedaan pendapat ini, pelanggaran siswa membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.
31.  Tuliskan gagasan pokok dalam kutipan teks diskusi tersebut!
32.  Tuliskan kalimat yang menunjukkan dukungan (pro) dan kalimat yang menunjukkan ketidaksetujuan (kontra) dalam kutipan teks diskusi tersebut!

Perhatikan cerita inspirasi berikut untuk menjawab soal nomor 3 sampai dengan nomor 5!
Seorang ibu bertanya kepada anaknya yang berusia 5 tahun, “Kalau mama dan kamu sedang pergi bermain bersama, lalu kita kehausan tapi tidak ada air, dan kebetulan di dalam tas kecil kamu ada 2 buah apel, apa yang kamu akan lakukan?”
Si anak berpikir sejenak, lalu menjawab mantap, “Saya akan menggigit kedua apel tersebut.”
Mendengar jawaban si anak, ibunya pun kecewa. Awalnya ia berpikir untuk segera mengajarkan anaknya mengenai apa yang seharusnya dilakukan, namun sang ibu terdiam dan mencoba bersabar.
Kemudian sang ibu berkata lembut sambil membelai sayang kepala anaknya, “Bisakah kamu beritahu mama alasan, kenapa kamu melakukan itu?”
Si anak pun menjawab dengan lugu, sambil matanya berbinar cerah. “Karena…. karena saya mau memberikan apel yang lebih manis kepada mama.”
Begitu mendengarnya, hati sang ibu pun tersentuh. Tanpa terasa, air mata haru pun jatuh membasahi pipinya.
Terkadang, dalam keluarga dekat/harmonis pun, bisa muncul kesalahpahaman. Untuk itu, yang kita perlukan adalah kesabaran dan kemauan untuk mendengar secara tuntas penjelasan dari orang-orang yang kita kasihi.
33.  Tuliskan empati yang dilakukan oleh tokoh utama cerita inspirasi tersebut!
34.  Tuliskan pesan yang ingin disampaikan penulis dalam cerita tersebut!
35.  Tuliskan kembali cerita inspirasi yang pernah kalian susun sebelumnya dalam bentuk ringkasan.

3 komentar: