Sabtu, 21 September 2019

Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Windows Shopping


Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Windows Shopping di SMP Islam Athirah Bone

Oleh Muh.Nurholis, S.Pd.

Laporan Ini Ditujukan untuk Mata Kuliah Penelitian Tindakan 
Kelas B Bahasa Indonesia 
  PPG DALJAB UNISMUH MAKASSAR
2019


Model pembelajaran windows shopping adalah salah satu model pembelajaran yang menarik karena mampu mengakomodasi baanyak gaya belajar siswa. Sebagaimana prinsip-prinsip dalam multiple intelligent yang dikemukakan oleh Chatib Munif, Menurut saya model belajar windows shopping mampu meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Oleh sebab itu saya mencoba menerapkannya pada pembelajaran menulis teks deskripsi di SMP Islam Athirah Bone.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII Ar Rahim SMP Islam Athirah Bone  dengan menggunakan model pembelajaran windows shopping. Ini bisa dilihat dari hasil tes kemampuan menulis siswa kelas VII Ar Rahim SMP Islam Athirah Bone yang menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yang berada pada kategori "baik".
Selain itu terjadi peningkatan aktivitas yang ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata persentase siswa yang melakukan aktivitas yang relevan dengan pembelajaran di dua pertemuan di siklus ke II, yakni di pertemuan ke 3 dan ke 4 dibandingkan dengan dua pertemuan di siklus I, yakni pertemuan ke 1 dan 2 selama  proses belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran windows shopping
Berikut ini adalah tautan untuk mendownload laporan PTK Full Version, mulai dari halaman sampul sampai pada referensi dan lampiran-lampirannya. Semoga bermanfaat!


3 komentar:

  1. keren pak,, sukses terus dalam membagi ilmu yg bermanfaat..

    BalasHapus
  2. siap, Bu.
    kalo ada pertanyaan atau koreksi, silakan lewat kolom komentar, Bu.

    BalasHapus
  3. Apakah ada pustaka referensi buku mengenai window shopping ?

    BalasHapus