Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Windows Shopping di SMP Islam Athirah Bone
Oleh Muh.Nurholis, S.Pd.
Laporan Ini Ditujukan untuk
Mata Kuliah Penelitian Tindakan
Kelas B Bahasa Indonesia
Kelas B Bahasa Indonesia
PPG DALJAB UNISMUH MAKASSAR
2019
Model pembelajaran windows shopping adalah
salah satu model pembelajaran yang menarik karena mampu mengakomodasi baanyak
gaya belajar siswa. Sebagaimana prinsip-prinsip dalam multiple intelligent yang
dikemukakan oleh Chatib Munif, Menurut saya model belajar windows shopping
mampu meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil
belajarnya. Oleh sebab itu saya mencoba menerapkannya pada pembelajaran menulis
teks deskripsi di SMP Islam Athirah Bone.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang
dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis
teks deskripsi pada siswa kelas VII Ar Rahim SMP Islam Athirah Bone dengan menggunakan model pembelajaran windows
shopping. Ini bisa dilihat dari hasil tes kemampuan menulis siswa kelas VII
Ar Rahim SMP Islam Athirah Bone yang menunjukkan peningkatan pada siklus I ke
siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yang berada pada kategori
"baik".
Selain itu terjadi peningkatan aktivitas
yang ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata persentase siswa yang melakukan
aktivitas yang relevan dengan pembelajaran di dua pertemuan di siklus ke II, yakni
di pertemuan ke 3 dan ke 4 dibandingkan dengan dua pertemuan di siklus I, yakni
pertemuan ke 1 dan 2 selama proses
belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran windows shopping.
Berikut ini adalah tautan untuk
mendownload laporan PTK Full Version, mulai dari halaman sampul sampai pada
referensi dan lampiran-lampirannya. Semoga bermanfaat!
keren pak,, sukses terus dalam membagi ilmu yg bermanfaat..
BalasHapussiap, Bu.
BalasHapuskalo ada pertanyaan atau koreksi, silakan lewat kolom komentar, Bu.
Apakah ada pustaka referensi buku mengenai window shopping ?
BalasHapus